Fadila, Tri Ayu PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FILM DOKUMENTER TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PERANG DUNIA II DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 9 KOTA JAMBI. jurnal PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FILM DOKUMENTER TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PERANG DUNIA II DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 9 KOTA JAMBI.
Text
ARTIKEL SKRIPSI.pdf Download (554kB) |
Abstract
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FILM DOKUMENTER TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PERANG DUNIA II DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 9 KOTA JAMBI Tri Ayu Fadila, Suratno, Budi Purnomo FKIP Universitas Jambi ABSTRAK Salah satu upaya yang dilakukan oleh para ahli pendidikan untuk dapat meningkatkan mutu pendidikan sehingga bisa menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki kualitas mumpuni adalah dengan membiasakan para siswa untuk aktif memberikan pemikiran-pemikiran mereka dengan bersifat kritis terhadap materi pembelajaran yang guru sampaikan, sehingga nantinya bisa menjadi budaya yang positif dalam kegiatan belajar mengajar, tidak hanya terpaku kepada guru semata namun lebih kepada proses pencarian pengetahuan oleh siswa sendiri. Melalui berpikir kritis, proses pembelajaran sejarah dapat berjalan dua arah baik dari guru serta siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran film dokumenter terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Perang Dunia II di kelas XI IPS SMA Negeri 9 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif Quasi Eksperimental Design dengan Non-Equivalent Control Group Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media pembelajaran film dokumenter dan variabel terikatnya yaitu kemampuan berpikir kritis siswa. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol dan XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen yang masing-masing berjumlah 38 siswa. Data diambil menggunakan soal pilihan ganda berjumlah 52 butir. Hasil penelitian menunjukkan perhitungan rata-rata persentase kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen dengan menggunakan media pembelajaran film dokumenter sebesar 74% dibandingkan dengan perolehan rata-rata persentase kelas kontrol yang menggunakan media pembelajaran konvensional sebesar 58%. Sedangkan hasil dari analisis data uji independent sample t-test kelas kontrol dan kelas eksperimen telah diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,012 dengan taraf signifikan 0,05. Hal tersebut menyimpulkan bahwa nilai 0,012 < 0,05 artinya terdapat pengaruh media pembelajaran film dokumenter terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Perang Dunia II di Kelas XI IPS SMA Negeri 9 Kota Jambi. Kata Kunci: Film Dokumenter, Kemampuan Berpikir Kritis, Perang Dunia II
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Depositing User: | TRI AYU FADILA |
Date Deposited: | 02 Aug 2018 09:41 |
Last Modified: | 02 Aug 2018 09:41 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4902 |
Actions (login required)
View Item |