HAMBATAN GURU DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH BERDASARKAN KURIKULUM 2013 PADA SMAN 9 KOTA JAMBI

Sutria, Ilhamda Ilman HAMBATAN GURU DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH BERDASARKAN KURIKULUM 2013 PADA SMAN 9 KOTA JAMBI. JURNAL HAMBATAN GURU DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH BERDASARKAN KURIKULUM 2013 PADA SMAN 9 KOTA JAMBI.

[img] Text
ARTIKEL SKRIPSI.pdf

Download (516kB)

Abstract

ABSTRAK Sutria, Ihamda Ilman. 2018. Hambatan Guru dalam Pembelajaran Sejarah Berdasarkan Kurikulum 2013 pada SMAN 9 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Drs. Budi Purnomo, M.Hum., M.Pd., (2) Reka Seprina, S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci: Hambatan Guru, Pembelajaran Sejarah, Kurikulum 2013 Dengan diterapkannya kurikulum baru tidak dapat dipungkiri dalam pengimplementasiannya akan mendatangkan kendala-kendala bagi guru saat melaksanakan proses pembelajaran khususnya dalam bidang mata pelajaran sejarah. Kendala-kendala yang umumnya dihadapi oleh para guru dalam menghadapi kurikulum baru seperti guru yang belum paham dengan konsep, guru yang belum siap dari segi teori hingga gagap pada pelaksanaannya. Kurikulum yang dalam penerapannya ternyata masih mengalami revisi-revisi, menjadi salah satu kesulitan guru untuk melakukan proses adaptasi dengan beberapa pembaharuan khususnya dalam pembelajaran sejarah yang berbasiskan Kurikulum 2013 revisi terbaru. Semakin berkembangnya proses pendidikan maka berkembang pula rancangan program pendidikan yang dibutuhkan untuk mengimbangi kemajuan dari proses tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hambatan guru dalam pembelajaran sejarah berdasarkan Kurikulum 2013 pada SMAN 9 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yaitu menginvestigasi fenomena untuk mengungkap persoalan dengan mencari data yang berkenaan dengan pengalaman informan. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah 2 orang guru sejarah dan sumber data sekuder adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum dan siswa. Hasil penelitian adalah: (1) Aspek perencanaan pembelajaran sejarah yaitu guru mengalami hambatan pada Rancangan Persiapan Permbelajaran (RPP) dimana dalam awal penerapan sampai sekarang RPP pada Kurikulum 2013 selalu mengalami revisi sehingga membuat guru harus mengubah struktur/format yang ada pada RPP yang sebelumnya telah dibuat, penyesuaian penggunaan metode yang sama dengan materi pembelajaran sejarah yang berbeda, materi sejarah yang lebih banyak, hambatan dalam menentukan indikator pencapaian kompetensi siswa (2) Aspek implementasi pembelajaran sejarah yaitu siswa yang cenderung pasif sehingga sulit menerapkan pendekatan scientific, siswa yang izin keluar masuk kelas ketika pembelajaran dan kurangnya ketersediaan sarana prasarana pendukung proses pembelajaran sejarah, (3) Aspek evaluasi pembelajaran sejarah yaitu sulitnya melaksanakan sistem penilaian berdasarkan Kurikulum 2013 dikarenakan banyaknya aspek yang harus diperhatikan terhadap siswa, dan (4) Hambatan lainnya yaitu linearitas guru dan jumlah guru yang terbatas.

Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: ILHAMDA ILMAN SUTRIA
Date Deposited: 02 Aug 2018 09:41
Last Modified: 02 Aug 2018 09:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4903

Actions (login required)

View Item View Item