Tampubolon, Akbar Torihot (2023) PENGARUH KULIAH SAMBIL BEKERJA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP INDEKS PRESTASI KUMULATIF (IPK) PADA MAHASISWA JURUSAN PIPS ANGKATAN 2019-2021 FKIP UNIVERSITAS JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Cover & Halaman Judul.pdf Download (232kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan & Pengesahan.pdf Download (216kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (201kB) |
![]() |
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (318kB) |
![]() |
Text
BAB V SIMPULAN, IMPLIKASI, DAN SARAN.pdf Download (161kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (172kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI AKBAR TORIHOT TAMPUBOLON.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui bagaimana gambaran kuliah sambil bekerja, motivasi belajar dan indeks prestasi kumulatif pada mahasiswa Jurusan PIPS Angkatan 2019-2021 FKIP Universitas Jambi. (2) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh secara parsial antara kuliah sambil bekerja dan motivasi belajar terhadap indeks prestasi kumulatif mahasiswa Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi Angkatan 2019-2021. (3) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh secara simultan antara kuliah sambil bekerja dan motivasi belajar terhadap indeks prestasi kumulatif mahasiswa Jurusan PIPS Angkatan 2019-2021 FKIP Universitas Jambi. Penelitian ini dilakukan di Jurusan PIPS Program Sarjana FKIP Universitas Jambi. Teknik pengumpulan data melalui metode survey dengan instrumen berupa angket. Pengumpulan data menggunakan google form (https://forms.gle/8aktq5pZ4t6Z7wni7) Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Kuliah sambil bekerja, motivasi belajar dan indeks prestasi kumulatif pada mahasiswa Jurusan PIPS Angkatan 2019-2021 FKIP Universitas Jambi tergolong baik. (2) Terdapat pengaruh positif kuliah sambil bekerja dan motivasi belajar secara parsial (terpisah) terhadap indeks prestasi kumulatif mahasiswa Jurusan PIPS Angkatan 2019-2021 FKIP Universitas Jambi. (3) Terdapat pengaruh positif kuliah sambil bekerja dan motivasi belajar secara simultan (bersamaan) terhadap indeks prestasi kumulatif mahasiswa Jurusan PIPS Angkatan 2019-2021 FKIP Universitas Jambi. Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyarankan kepada mahasiswa untuk terus mempertahankan kegiatan kuliah sambil bekerjanya serta motivasi belajarnya sehingga dengan begitu akan berpengaruh baik pula nantinya terhadap indeks prestasi kumulatif yang didapatkan. Kemudian peneliti menyarakan kepada mahasiswa yang bekerja agar lebih menyeimbangkan kegiatan kuliah dan bekerja, serta meningkatkan motivasi dalam belajar guna mendapatkan indeks prestasi kumulatif lebih baik lagi. Serta menyarankan kepada pihak akademisi untuk dapat menyelenggarakan kegiatan kepelatihan bekerja kepada mahasiswa guna menjadikan mahasiswa yang bekerja semakin berkompeten dan siap bersaing dalam dunia kerja ketika telah lulus S1 nantinya. Untuk peneliti selanjutnya, peneliti menyarankan untuk menggunakan varibel lain yang tidak dimasukkan didalam penelitian ini dan menyarankan untuk menggunakan sampel yang berbeda sehingga wawasan menjadi lebih luas.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kuliah Sambil Bekerja, Motivasi Belajar, Indeks Prestasi Kumulatif. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | TAMPUBOLON |
Date Deposited: | 26 May 2023 03:47 |
Last Modified: | 26 May 2023 03:47 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49036 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |