Mahruf, Imam (2023) ANALISIS KEPEMIMPINAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH PENGGERAK DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Skripsi Imam Mahruf.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (117kB) |
![]() |
Text
Halaman persetujuan dan halaman pengesahan.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text
Skripsi BAB I.pdf Download (166kB) |
![]() |
Text
Skripsi BAB IV.pdf Download (238kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (124kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (115kB) |
Abstract
Mahruf, Imam. 2023. Analisis Kepemimpinan Manajerial Kepala Sekolah Penggerak Di Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Yantoro, M.Pd., (II) Muhammad Sholeh, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Kepemimpinan Manajerial, Kepala Sekolah, Sekolah Penggerak Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan kepemimpinan manajerial kepala sekolah penggerak di sekolah dasar SD 47/IV Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan dengan jenis penelitian deskriptif Fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Teknik Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan manajerial kepala sekolah penggerak di sekolah dasar dilakukan dengan menggunakan keterampilan yang dimiliki kepala sekolah meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, serta pengawasan. (1) perencanaan kepala sekolah dalam manajerial di sekolah penggerak yaitu, menganalisis dan mengamati kebutuhan baik sekolah, guru, peserta didik, melakukan rapat awal tahun ajaran yang melibatkan seluruh majelis guru dan para staff yang lain,menentukan program-program yang akan dijalankan, pendanaan, kurikulum serta menentukan skala prioritas program yang akan dilaksanakan selama satu tahun kedepan; (2) pengorganisasian kepala sekolah pada sekolah penggerak yaitu, dengan mengadakan rapat diawal tahun ajaran kemudian membentuk organisasi sesuai dengan kompetensi masing-masing guru, kemudian menetapkan tugas dan tanggung jawab masing-masing; (3) pelaksanaan yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam manajerial di sekolah penggerak yaitu dengan sosialisasi dan pelaksanaan program; (4) pengawasan kepala sekolah dalam manajerial di sekolah penggerak yaitu, supervisi terhadap pelaksanaan program-program yang dilakukan dengan dua cara yaitu pengawasan secara langsung dan pengawasan secara tidak langsung. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kepemimpinan manajerial kepala sekolah berperan penting terhadap terlaksananya program sekolah penggerak pada sekolah dasar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KEPEMIMPINAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH PENGGERAK DI SEKOLAH DASAR |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | MAHRUF |
Date Deposited: | 31 May 2023 01:56 |
Last Modified: | 31 May 2023 01:56 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49073 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |