Nabila, Nabila (2023) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI MENGGUNAKAN APLIKASI POWTOON PADA KELAS 3 SEKOLAH DASAR TEMA 7 SUBTEMA 3 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
NABILA_A1D119090_ABSTRAK.pdf Download (166kB) |
![]() |
Text
NABILA_A1D119090_BAB I.pdf Download (311kB) |
![]() |
Text
NABILA_A1D119090_BAB V.pdf Download (173kB) |
![]() |
Text
NABILA_A1D119090_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (285kB) |
![]() |
Text
NABILA_A1D119090_HALAMAN PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf Download (161kB) |
![]() |
Text
NABILA_A1D119090_SKRIPSI FULL FIX.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
![]() |
Text
NABILA_A1D119090_COVER 1&2 (1)_041709.pdf Download (180kB) |
Abstract
Kata Kunci: Pengembangan, Video Animasi, Powtoon Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media video animasi pada kelas III Sekolah Dasar. (2) untuk mengetahui tingkat validitas media video animasi di kelas II Sekolah Dasar. (3) untuk mengetahui tingkat kepraktisan media video animasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Pene;itian berupa pengembangan media video animasi menggunakan aplikasi Powtoon pada kelas III tema 7 subtema 3 perkembangan teknologi komunikasi. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan DDD-E (Decide, Design, Develpo, dan Evaluate). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 212/IX Sarang Burung. Data penelitian ini diperoleh dari validasi media, materi, dan bahasa. Selain itu data juga diperoleh dari angket respon guru dan peserta didik untuk melihat kepraktisan dan kemenarikan dari media video animasi di Sekolah Dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji coba validasi dari penilaian ahli materi tahap ke-1 memperoleh hasil rata-rata skor 3,6 dengan kategori valid. Kemudia pada penilaian ahli materi tahap ke-2 memperoleh hasil rata-rata skor 4,5 dengan kategori sangat valid. Selanjutnya pada penilaian ahli media memperoleh rata-rata skor 4,7 dengan kategori sangat valid. Kemudian pada penilaian ahli bahasa pada tahap ke-1 memperoleh rata-rata skor 4,9 dan tahap kedua dengan rata-rata skor 5,0 dengan kategori sangat valid. Sedangkan hasil kepraktisan yang diperoleh dari angket peserta didik memperoleh rata-rata skor 4,6 dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media video animasi menggunakan aplikasi Powtoon pada kelas 3 tema 7 subtema 3 perkembangan teknologi komunikasi secara keseluruhan dapat digunakan dalam pembelajaran di sekolah.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Video Animasi, Powtoon |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | NABILA |
Date Deposited: | 31 May 2023 01:51 |
Last Modified: | 31 May 2023 01:51 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49076 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |