PERSAINGAN USAHA SEKTOR E-COMMERCE PADA MASA YANG AKAN DATANG DI INDONESIA

Maryanti, Fifin (2023) PERSAINGAN USAHA SEKTOR E-COMMERCE PADA MASA YANG AKAN DATANG DI INDONESIA. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Tesis Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Cover.pdf

Download (22kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan, Halaman Pengesahan.pdf

Download (198kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (583kB)
[img] Text
Bab Kesimpulan atau Bab V.pdf

Download (160kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (314kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui dan menganalisis perlindungan hukum pelaku usaha terhadap persaingan usaha bisnis e-commerce dalam perspektif keadilan. 2) Untuk mengetahui dan menganalisis formulasi hukum persaingan usaha sektor e-commerce pada masa yang akan datang di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian normatif dengan pendekatan perundang-undangan (statute approach), pendekatan konspetual (conseptual approach) dan pendekatan perbandingan (comparative approach). Bahan hukum yang digunakan adalah: bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier. Analisis bahan hukum yang terkumpul dilakukan dengan cara menginventarisasi, mensistematisasi dan menginterpretasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Lahirnya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Prakek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak sehat merupakan ujung tombak yang mengatur tentang mekanisme persaingan usaha di Indonesia. Akan tetapi ketentuan dalam UU tersebut tidak mampu memenuhi tantangan persaingan usaha pada bisnis �e-commerce. 2) Dengan adanya kekurangan-kekurangan yang ada dalam Undang-Undang yang mengatur larangan praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat tersebut diharapkan dapat dimasukkan ketentuan yang mengatur persaingan usaha bisnis e-commerce untuk menjamin kepastian hukumnya. Rekomendasi diberikan 1) Diperlukan pembaharuan terhadap Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat agar memasukkan ketentuan mengenai persaingan usaha dalam bisnis e-commerce untuk mengatur penggunaan kecanggihan artificial intelligence dan big data serta penerapan prinsip ekstrateritorial. 2) Dalam menentukan rumusan hukum persaingan usaha sektor e-commerce, maka pembentuk undang-undang dapat melihat rekomendasi yang telah dibuat APEC atau dapat mencontoh regulasi Negara China dengan tetap berpedoman pada Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945.

Type: Thesis (S2)
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Fifin Maryanti
Date Deposited: 29 May 2023 04:30
Last Modified: 29 May 2023 04:30
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49081

Actions (login required)

View Item View Item