ASBIYATI, FAIRUS EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 6 KOTA JAMBI. JURNAL EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 6 KOTA JAMBI.
Text
ARTIKEL FAIRUS ASBIYATI.pdf Download (189kB) |
Abstract
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 6 KOTA JAMBI Oleh: Fairus Asbiyati1, Rahmat Murboyono2, Arpizal3 1 Mahasiswa Ekonomi PIPS FKIP Universitas Jambi 2 Dosen Ekonom PIPS FKIP Universitas Jambi 3 Dosen Ekonomi PIPS FKIP Universitas Jambi Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan dan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi Email: fairusasbiyati01@gmail.com Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep ekonomi siswa. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Posttest Control Group Design dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 6 Kota Jambi tahun pelajaran 2017/2018 dan sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh dengan memberikan tes kepada siswa yang sebelumnya diberi perlakuan terlebih dahulu menggunakan model pembelajaran NHT dan Konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman konsep siswa yang menggunakan model pembelajaran NHT lebih tinggi dari pada tingkat pemahaman konsep siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Dimana pada mata pelajaran ekonomi materi APBN dan APBD, kelompok siswa yang diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran NHT memperleh nilai rata-rata 87.42, lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata siswa yang diberikan perlakuan dengan model pembelajaran konvensional sebesar 74.78. Hasil ini diperkuat dengan perhitungan hasil uji-t sebesar 6.02, dengan taraf signifikansi 0.05 diperoleh nilai t tabel 1.99. Dengan demikian thitung > ttabel atau 6.02 > 1.99 berarti Ha diterima. Penerapan model pembelajaran NHT dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Saran dalam penelitian ini guru ekonomi sebaiknya dalam melakukan pengajaran menggunakan model pembelajaran NHT agar siswa dapar memperoleh pemahaman konsep yang lebih baik. . Kata kunci: : Efektivitas, Numbered Heads Together, Pemahaman Konsep.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | FAIRUS ASBIYATI |
Date Deposited: | 08 Aug 2018 06:37 |
Last Modified: | 08 Aug 2018 06:37 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4916 |
Actions (login required)
View Item |