EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 6 KOTA JAMBI

DEFRYANGGA, WILLDAN EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 6 KOTA JAMBI. JURNAL EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 6 KOTA JAMBI.

[img] Text
ARTIKEL willdan.pdf

Download (420kB)

Abstract

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 6 KOTA JAMBI Oleh: Willdan Defryangga1, Farida Kohar2, Siti Syuhada3 1 Mahasiswa Ekonomi PIPS FKIP Universitas Jambi 2 Dosen Ekonomi PIPS FKIP Universitas Jambi 3 Dosen Ekonomi PIPS FKIP Universitas Jambi Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan dan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi Email: willdandefryangga@gmail.com Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Inkuiri ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif siswa. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Posttest Control Group Design dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 6 Kota Jambi tahun pelajaran 2017/2018 dan sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 3 yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh dengan memberikan tes esai kepada siswa yang sebelumnya diberi perlakuan terlebih dahulu menggunakan model pembelajaran Inkuiri dan Konvensional. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa model pembelajaran Inkuiri lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas XI pada materi Kerja Sama Ekonomi Internasional, diperoleh nilai rata-rata hasil tes kemampuan berpikir kreatif siswa kelas Inkuiri adalah 79.30 dan kelas konvensional adalah 63.82. ini berarti bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas yang menerapkan model pembelajaran Inkuiri lebih baik daripada kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas konvensional. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung (7.70) sedangkan ttabel (1.99). Hal ini menunjukkan berarti thitung (7.70) > ttabel (1.99) sehingga Ha diterima, dan Ho ditolak. Dengan kata lain terdapat perbedaan terhadap hasil post test antara siswa kelas ekperimen dengan siswa kelas kontrol. Dan dapat disimpulkan bahwa kegiatan balajar kelas eksperimen lebih efektif dibanding kelas kontrol dengan indikasi rata-rata lebih tinggi. . Kata kunci: : Efektivitas, Inkuiri, Berpikir Kreatif.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: WILLDAN DEFRYANGGA
Date Deposited: 10 Aug 2018 01:27
Last Modified: 10 Aug 2018 01:27
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4922

Actions (login required)

View Item View Item