PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN LITERASI DIGITAL DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA KELAS VIII SMP

Husna, Sri Muslimatul (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN LITERASI DIGITAL DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA KELAS VIII SMP. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SRI MUSLIMATUL HUSNA_A1C319082_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (201kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (564kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN ATAU BAB V.pdf

Download (183kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA ATAU DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (430kB)

Abstract

Instrumen penilaian merupakan suatu alat ukur yang dapat digunakan tenaga pendidik untuk menilai kompetensi yang dimiliki peserta didik. Namun, masih terdapat guru yang belum memiliki instrumen penilaian untuk mengukur kemampuan literasi digital dan keterampilan proses sains peserta didik pada materi pesawat sederhana. Oleh karena itu, instrumen penilaian yang dikembangkan dapat membantu guru dalam mengukur kemampuan literasi digital dan keterampilan proses sains pada materi pesawat sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai validitas dan reliabilitas instrumen penilaian literasi digital dan keterampilan proses sains pada materi pesawat sederhana. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (research & development) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian yang digunakan adalah peserta didik kelas VIII SMPN 7 Muaro Jambi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validasi ahli instrumen penilaian literasi digital, angket validasi ahli instrumen penilaian keterampilan proses sains, angket literasi digital, dan lembar observasi keterampilan proses sains. Data ini dianalisis secara kuantitatif untuk menentukan validitas dan reliabilitas instrumen, dan analisis kualitatif didasarkan pada komentar dan saran dari validator. Hasil uji coba kelompok kecil untuk instrumen literasi digital menunjukkan bahwa semua butir pernyataan dinyatakan valid dengan jumlah 28 butir pernyataan, dengan nilai reliabilitas sebesar 0,914 pada kategori sangat tinggi dan untuk instrumen keterampilan proses sains menunjukkan semua butir pernyataan dinyatakan valid dengan jumlah 31 butir pernyataan, dengan nilai reliabilitas sebesar 0,927 pada kategori sangat tinggi. Kelebihan dari instrumen penilaian yang dikembangkan ini adalah dapat diisi secara langsung oleh responden, dan tanpa perlu akses internet. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian literasi digital dan instrumen keterampilan proses sains pada materi pesawat sederhana yang dihasilkan dinyatakan valid dan reliabel. Kata kunci: instrumen penilaian, keterampilan proses sains, literasi digital, pesawat sederhana

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Husna
Date Deposited: 06 Jun 2023 01:48
Last Modified: 06 Jun 2023 01:48
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49237

Actions (login required)

View Item View Item