PENGARUH PENDEKATAN CONCRETE PICTORIAL ABSTRACT (CPA) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MUATAN MATEMATIKA DI KELAS III SDN 110/I DESA TENAM

NINGRUM, MEGA WIDYA (2023) PENGARUH PENDEKATAN CONCRETE PICTORIAL ABSTRACT (CPA) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MUATAN MATEMATIKA DI KELAS III SDN 110/I DESA TENAM. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (114kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (101kB)
[img] Text
Full skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (830kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (340kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (105kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (333kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Ningrum, Mega Widya. 2023. Pengaruh Pendekatan Pengaruh Pendekatan Concrete Pictorial Abstract (CPA) Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Pada Muatan Matematika di Kelas III SDN 110/I Desa Tenam: Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Yantoro, M.Pd., (II) Khoirunnisa, M.Pd. Kata Kunci: Pendekatan CPA, hasil belajar, Matematika Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran Concrete Pictorial Abstract terhadap hasil belajar peserta didik pada muatan Matematika di kelas III SDN 110/I Desa Tenam. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN 110/I Desa Tenam Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuasi eksperimen. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan cara memberikan tes tertulis soal pilihan ganda kepada peserta didik. Kemudian data diolah untuk membandingkan hasil pre-test dan post test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Matematika menggunakan pendekatan Concrete Pictorial Abstract kelas III SDN 110/I Desa Tenam lebih berpengaruh dari pada menggunakan pendekatan konvensional (teacher centered) pada hasil belajar peserta didik. Penggunaan pendekatan Concrete Pictorial Abstract diperoleh rata-rata post-test sebesar 73,5 dan pendekatan teacher centered rata-rata post test sebesar 61. Berdasarkan uji-t yang telah dilakkukan diperoleh nilai signifikansi 0,000 (<0,05) dan uji-t dengan independent sample t test thitung > ttabel (2,240 > 1,686). Hal ini menunjukkan Ha diterima dan H0 ditolak, dan terdapat perbedaan hasil belajar pendekatan CPA dibandingkan dengan pendekatan teacher centered. Jadi dapat disimpulkan terdapat perbedaan pembelajaran menggunakan penggunaan pendekatan Concrete Pictorial Abstract (CPA) dengan pendekatan teacher centered. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru menggunakan pendekatan CPA dalam memberikan konsep pembelajaran Matematika. Pendidik diharapkan mampu memberikan pengajajaran menggunakan benda-benda konkret agar Matematika terasa lebih dekat dengan dunia anak. Hal ini diharapkan dapat memberikan pengaruh positif dalam meningkatkan hasil belajar.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan CPA, hasil belajar, Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Ningrum
Date Deposited: 31 May 2023 01:53
Last Modified: 31 May 2023 01:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49258

Actions (login required)

View Item View Item