Febriyati, Sissy Dwi (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Materi Ekosistem Perairan Untuk Kelas X SMA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
COVER.pdf Download (103kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (519kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (189kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (121kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (117kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (124kB) |
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Febriyati, Sissy Dwi. 2023. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Materi Ekosistem Perairan Untuk Kelas X SMA: Skripsi, Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Winda Dwi Kartika, S.Si., M.Si.; (II) Ir. Bambang Hariyadi, M.Si., Ph.D. Kata Kunci: Pendidikan, LKPD, KPS, Ekosistem Perairan. Pendidikan adalah proses pembelajaran seseorang mulai dari SD, SMP, SMA, perguruan tinggi dan lain-lain. Pendidikan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kreativitas, dan kemampuan melalui pengajaran yang diberikan oleh guru. pendidikan mempunyai dua subjek yaitu pendidik dan peserta didik yang saling berinteraksi. Keterampilan proses sains yang dimiliki peserta didik masih belum terasah sehingga peserta didik masih membutuhkan bimbingan dalam kegiatan belajar maupun praktikum. Maka dari itu, diperlukannya sebuah media pembelajaran sebagai salah satu media untuk keperluan belajar dan mengajar, dalam penelitian ini yaitu LKPD berbasis KPS dengan materi ekosistem perairan. KPS yang dimaksud yaitu menerapkan metode ilmiah untuk memahami dan menemukan ilmu pengetahuan baru yang belum pernah dipelajari. Adapun sintaks KPS yaitu; (1) Mengamati, (2) Klasifikasi, (3) Membuat Pertanyaan, (4) Menggunakan Alat dan bahan, (5) Berkomunikasi, dan (6) Menerapkan Konsep. Materi ekosistem perairan dinilai sangat menyenangkan dan menarik dikarenakan pembelajaran ini berbasis lingkungan, terutama lingkungan sekolah yang dekat dengan ekosistem. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana mengembangkan LKPD berbasis KPS, kelayakan KPS terhadap LKPD serta respon peserta didik terhadap LKPD. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE. Tahapan prosedur pengembangan yaitu, Analysis, Design, Development, Implementation, evaluation. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket validasi ahli materi, angket validasi ahli media, angket penilaian guru serta angket respon peserta didik. Subjek uji coba terdiri dari 1 orang guru bidang studi dan 20 orang siswa SMA kelas X MIPA. Hasil validasi yang dilakukan oleh validator materi diperoleh skor 53 dengan persentase 70,6% kategori “Layak”, dan hasil validasi oleh validator ahli media diperoleh skor 60 dengan persentase 80% kategori “Layak”. Hasil penilaian guru bidang studi diperoleh skor 1320 dengan persentase 88% kategori “Sangat Baik” kemudian hasil uji coba pada peserta didik diperoleh skor 1364 dengan persentase 90,9% kategori “Sangat Baik”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Pengembangan LKPD berbasis KPS pada materi ekosistem perairan dinyatakan layak untuk digunakan. Febriyati, Sissy Dwi. 2023. Development of Student Worksheets (LKPD) Based on Science Process Skills in Aquatic Ecosystem Material For Class X SMA: Thesis, Department of Mathematics and Natural Sciences, Faculty of Teacher Training and Education, Jambi University, Supervisor: (I) Winda Dwi Kartika, S.Sc., M.Sc.; (II) Ir. Bambang Hariyadi, M.Sc., Ph.D. Keywords: Education, LKPD, KPS, Aquatic Ecosystems. Education is a person's learning process starting from elementary, junior high, high school, college and others. Education aims to improve knowledge, creativity, and abilities through teaching provided by Teacher. Education has two subjects, namely educators and students interact with each other. Science process skills possessed by students are still not yet honed so students still need guidance in learning and practical activities. Therefore, we need a medium learning as one of the media for the purposes of learning and teaching, in this study, namely KPS-based LKPD with aquatic ecosystem material. The KPS in question is applying the scientific method to understand and discover new knowledge that has never been learned. As for the syntax KPS namely; (1) Observing, (2) Classifying, (3) Making Questions, (4) Using tools and materials, (5) Communicating, and (6) Applying Concepts. The aquatic ecosystem material is considered very fun and interesting because This learning is environment-based, especially the close school environment with the ecosystem. This study aims to describe how developing KPS-based LKPD, KPS eligibility for LKPD and responses students towards LKPD. The development model used is the ADDIE development model. Stages of the development procedure namely, Analysis, Design, Development, Implementation, evaluation. Data collection is done by using material expert validation questionnaire, media expert validation questionnaire, teacher assessment questionnaire as well student response questionnaire. The test subjects consisted of 1 subject teacher and 20 high school students in class X MIPA. The results of the validation carried out by the material validator obtained a score of 53 with a percentage of 70.6% in the "Easy" category, and the validation results by the media expert validator obtained a score of 60 with a percentage of 80% “Eligible” category. The results of the teacher's assessment of the field of study obtained a score of 1320 with percentage of 88% category "Very Good" then the results of trials on students a score of 1364 was obtained with a percentage of 90.9% in the "Very Good" category. With Thus it can be concluded that the KPS-based LKPD Development in aquatic ecosystem material declared fit for use.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan, LKPD, KPS, Ekosistem Perairan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | FEBRIYATI |
Date Deposited: | 08 Jun 2023 08:18 |
Last Modified: | 08 Jun 2023 08:18 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49289 |
Actions (login required)
View Item |