MODIFIKASI AKSI REAKSI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN SIKAP DAN KARAKTER PESERTA DIDIK TERHADAP PEMBELAJARAN FISIKA

Sabila Eka, Septi (2023) MODIFIKASI AKSI REAKSI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN SIKAP DAN KARAKTER PESERTA DIDIK TERHADAP PEMBELAJARAN FISIKA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (138kB)
[img] Text
A1C319047_SABILA EKA SEPTI_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (484kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (110kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (434kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (112kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (361kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses modifikasi aksi reaksi model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan sikap dan karakter peserta didik terhadap pembelajaran fisika, dan mengetahui kevalidan hasil modifikasi model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan sikap dan karakter peserta didik terhadap pembelajaran fisika. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan desain model ADDIE. Pengujian instrumen dan penilaian produk menggunakan uji validasi isi dengan expert judgment. Penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahapan development. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: modifikasi aksi reaksi model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan sikap dan karakter peserta didik terhadap pembelajaran fisika dimodifikasi dengan menambahkan perhatian, pemantauan, dan pemberian scaffolding. Pada kegiatan pendahuluan, tenaga pendidik memberikan perhatian, berperan sebagai fasilitator, mengelola sumber belajar, memberikan penjelasan tujuan pembelajaran. Pada kegiatan inti, tenaga pendidik meminta peserta didik untuk membaca referensi, melakukan kolaborasi, berdebat, dan berdiskusi, tenaga pendidik juga berperan sebagai pembimbing dan mediator, serta menerapkan pembelajaran scaffolding. Pada kegiatan penutup, tenaga pendidik menanyakan pemahaman peserta didik dan meninjau kembali pembelajaran untuk mengetahui tingkat keberhasilan dalam pembelajaran. Selanjutnya hasil validasi penilaian produk dikategorikan sangat valid dengan angka rata-rata 4 dari validator I dan dikategorikan valid dengan angka rata-rata 4 dari validator II. Kemudian pada penelitian ini diperoleh hasil validasi instrumen terhadap penilaian sikap sosial dan sikap spiritual dikategorikan sangat sangat valid dengan angka rata-rata masing-masing 4 dari validator I; 3,9 dari validator II. Kemudian pada penelitian ini diperoleh hasil validasi instrumen terhadappenilaian karakter yang dikategorikan sangat sangat valid dengan angka rata-rata masing-masing 4 dari validator I; 4 dari validator II. Kata Kunci: Modifikasi, Aksi Reaksi, Inkuri, Sikap, Karakter

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: SEPTI
Date Deposited: 05 Jun 2023 01:49
Last Modified: 05 Jun 2023 01:49
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49311

Actions (login required)

View Item View Item