Sabila Eka, Septi (2023) MODIFIKASI AKSI REAKSI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN SIKAP DAN KARAKTER PESERTA DIDIK TERHADAP PEMBELAJARAN FISIKA. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
COVER.pdf Download (138kB) |
|
Text
A1C319047_SABILA EKA SEPTI_SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (484kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (110kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (434kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (112kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (361kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses modifikasi aksi reaksi model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan sikap dan karakter peserta didik terhadap pembelajaran fisika, dan mengetahui kevalidan hasil modifikasi model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan sikap dan karakter peserta didik terhadap pembelajaran fisika. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan desain model ADDIE. Pengujian instrumen dan penilaian produk menggunakan uji validasi isi dengan expert judgment. Penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahapan development. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: modifikasi aksi reaksi model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan sikap dan karakter peserta didik terhadap pembelajaran fisika dimodifikasi dengan menambahkan perhatian, pemantauan, dan pemberian scaffolding. Pada kegiatan pendahuluan, tenaga pendidik memberikan perhatian, berperan sebagai fasilitator, mengelola sumber belajar, memberikan penjelasan tujuan pembelajaran. Pada kegiatan inti, tenaga pendidik meminta peserta didik untuk membaca referensi, melakukan kolaborasi, berdebat, dan berdiskusi, tenaga pendidik juga berperan sebagai pembimbing dan mediator, serta menerapkan pembelajaran scaffolding. Pada kegiatan penutup, tenaga pendidik menanyakan pemahaman peserta didik dan meninjau kembali pembelajaran untuk mengetahui tingkat keberhasilan dalam pembelajaran. Selanjutnya hasil validasi penilaian produk dikategorikan sangat valid dengan angka rata-rata 4 dari validator I dan dikategorikan valid dengan angka rata-rata 4 dari validator II. Kemudian pada penelitian ini diperoleh hasil validasi instrumen terhadap penilaian sikap sosial dan sikap spiritual dikategorikan sangat sangat valid dengan angka rata-rata masing-masing 4 dari validator I; 3,9 dari validator II. Kemudian pada penelitian ini diperoleh hasil validasi instrumen terhadappenilaian karakter yang dikategorikan sangat sangat valid dengan angka rata-rata masing-masing 4 dari validator I; 4 dari validator II. Kata Kunci: Modifikasi, Aksi Reaksi, Inkuri, Sikap, Karakter
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | SEPTI |
Date Deposited: | 05 Jun 2023 01:49 |
Last Modified: | 05 Jun 2023 01:49 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49311 |
Actions (login required)
View Item |