Azzahra, Miftahul Zannah (2023) MODIFIKASI SISTEM SOSIAL MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN SIKAP DAN KARAKTER PESERTA DIDIK TERHADAP PEMBELAJARAN FISIKA. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
Cover.pdf Download (18kB) |
|
Text
A1C319058_MIFTAHUL ZANNAH AZZAHRA_SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
Halaman Persetujuan, Halaman Pengesahan.pdf Download (561kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (87kB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (182kB) |
|
Text
Bab V.pdf Download (89kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (271kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses modifikasi sistem sosial model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan sikap dan karakter peserta didik terhadap pembelajaran fisika, dan mengetahui kevalidan hasil modifikasi sistem sosial model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan sikap dan karakter peserta didik terhadap pembelajaran fisika. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan desain model ADDIE. Pengujian instrumen dan penilaian produk menggunakan uji validasi isi dengan expert judgment. Penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahapan development. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: modifikasi sistem sosial model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan sikap dan karakter peserta didik dengan menerapkan teknik talking chips pada saat diskusi berlangsung. Adapun desain modifikasi sistem sosial model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan sikap dan karakter peserta didik yaitu tenaga pendidik berperan sebagai organisator, motivator, dan fasilitator. Sedangkan peserta didik berpartisipasi aktif dalam berkomunikasi, bekerja sama antar sesama peserta didik, mengemukakan dan mendengarkan pendapat. Selanjutnya, kelayakan modifikasi sistem sosial model pembelajaran inkuiri ini berdasarkan uji validitas dan melalui validasi produk yang telah dilakukan, diperoleh skor rata-rata validator I dan validator II adalah 4 dengan kategori sangat valid. Kata Kunci : Modifikasi, Sistem Sosial, Inkuiri, Sikap, Karakter
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Azzahra |
Date Deposited: | 05 Jun 2023 01:50 |
Last Modified: | 05 Jun 2023 01:50 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49371 |
Actions (login required)
View Item |