MODIFIKASI SINTAKS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN SIKAP DAN KARAKTER PESERTA DIDIK TERHADAP PEMBELAJARAN FISIKA

NAWAHDANI, AHMAD MANSUR (2023) MODIFIKASI SINTAKS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN SIKAP DAN KARAKTER PESERTA DIDIK TERHADAP PEMBELAJARAN FISIKA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (18kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan, Halaman Pengesahan.pdf

Download (930kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (27kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (148kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (27kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (196kB)
[img] Text
A1C319069_AHMAD MANSUR NAWAHDANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses modifikasi sintaks model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan sikap dan karakter peserta didik terhadap pembelajaran fisika, dan untuk mengetahui kevalidan hasil modifikasi sintaks model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan sikap dan karakter peserta didik terhadap pembelajaran fisika. Penelitian ini adalah jenis penelitian dan pengembangan dengan menggunakan desain model ADDIE. Pengujian instrumen dan penilaian produk menggunakan uji validasi isi dengan expert judgment. Penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahapan pengembangan (development). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: modifikasi sintaks model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan sikap dan karakter peserta didik sesuai dengan kurikulum 2013, karakteristik peserta didik dan sintaks model pembelajaran inkuiri. Adapun hasil modifikasi sintaks model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan sikap dan karakter peserta didik yaitu tahap pembentukan kelompok, orientasi, merumuskan masalah dan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, merumuskan kesimpulan, tahap evaluasi dan memberikan pengakuan atau penghargaan. Hasil validasi instrumen penilaian produk diperoleh angka rata-rata 4 dari validator I dengan kategori sangat valid, dan diperoleh angka rata-rata 4 dari validator II dengan kategori sangat valid. Hasil validasi produk diperoleh angka rata-rata 4 dari validator I dengan kategori sangat valid, dan diperoleh angka rata-rata 4 dari validator II dengan kategori sangat valid. Kemudian hasil validasi instrumen penilaian sikap diperoleh angka rata-rata 4 dari validator I dengan kategori sangat valid, dan diperoleh angka rata-rata 3,7 dari validator II dengan kategori sangat valid. Hasil validasi instrumen penilaian karakter diperoleh rata-rata 4 dari validator I dengan kategori sangat valid, dan diperoleh angka rata-rata 4 dari validator II dengan kategori sangat valid.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Nawahdani
Date Deposited: 05 Jun 2023 01:55
Last Modified: 05 Jun 2023 01:55
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49373

Actions (login required)

View Item View Item