PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF-KREATIF BERBANTUAN MEDIA WORD SEARCH PUZZLE PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA TERHADAP KREATIVITAS SISWA SMAN 13 KOTA JAMBI

PUTRI, SINDY (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF-KREATIF BERBANTUAN MEDIA WORD SEARCH PUZZLE PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA TERHADAP KREATIVITAS SISWA SMAN 13 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (66kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (200kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN SINDY (1).pdf

Download (104kB)
[img] Text
SKRIPSI FIX_ SINDY TIARA PUTRI_BISMILLAH (2).pdf

Download (7MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Putri, Sindy Tiara. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif-Kreatif Bebantuan Media Word Search Puzzle Pada Materi Larutan Penyangga Terhadap Kreativitas Siswa SMAN 13 Kota Jambi”. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing : (1) Dr. Dra. Zurweni, M.Si., (2) Drs. Affan Malik, M.E. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kolaboratif-Kreatif, Media Word Search Puzzle, Kemampuan Kreativitas, dan Larutan Penyangga. Pendidikan merupakan suatu wadah untuk setiap individu dalam mendapatkan pengetahuan yang lebih, dimana nantinya dapat membuat setiap individu tersebut menjadi pribadi yang memiliki wawasan luas. Pada konsep pendidikan saat ini sangat memprioritaskan pembelajaran abad 21, yang dimana peserta didik dituntut untuk mampu berpikir kritis, berpikir kreatif, berkolaborasi dan keterampilan berkomunikasi agar dapat menyelesaikan permasalahan yang muncul selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kolaboratif-kreatif berbantuan media word search puzzle pada materi larutan penyangga terhadap kreativitas siswa SMAN 13 Kota Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain Quasi Experiment dengan rancangan penelitian Non Equivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random sampling dengan subjek penelitian siswa kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 3. Instrumen penelitian yang digunakan berupa test dan non-test. Presentase dari rata-rata kemampuan kreativitas siswa sebesar 88,96% yang berarti pada kategori sangat baik dan rata-rata keterampilan penerapan model oleh siswa sebesar 88% pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh kesimpulan penelitian yaitu terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran kolaboratif-kreatif berbantuan media word search puzzle pada materi larutan penyangga terhadap kreativitas siswa SMAN 13 Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kolaboratif-Kreatif, Media Word Search Puzzle, Kemampuan Kreativitas, dan Larutan Penyangga.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Putri
Date Deposited: 09 Jun 2023 06:50
Last Modified: 09 Jun 2023 06:50
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49382

Actions (login required)

View Item View Item