Masturanda, Linggonilus (2023) PENERAPAN E-MAGAZINE OF CHEMISTRY PADA MATERI STRUKTUR ATOM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI. S1 thesis, Pendidikan Kimia.
Text
Cover.pdf Download (170kB) |
|
Text
Halaman Persetujuan, Halaman Pengesahan.pdf Download (243kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (240kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (295kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (168kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (159kB) |
|
Text
2023 05 29 Skripsi Fix.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan E-Magazine Of Chemistry pada materi struktur atom terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 8 Kota Jambi. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah The exploratory sequential design. E-magazine adalah versi elektronik dari majalah karena berbasis listrik. Hasil belajar adalah kompetensi atau kemampuan tertentu baik kognitif, afektif maupun psikomotorik yang dicapai atau dikuasai peserta didik setelah mengikuti proses belajar mengajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan desain Quasy eksperimen. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 8 Kota Jambi, sampel penelitian sebanyak 30 siswa. Intrumen yang digunakan yaitu angket atau kuesioner. Hasil analisis menggunakan uji independent t-test menyatakan ada pengaruh e-magazine of Chemistry terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 8 Kota Jambi ditandai dengan hasil statistik melalui pengambilan keputusan nilai t-hitung > dari t-tabel (3,144>1,671) dan nilai signifikansi 0,003< 0,05. Terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar siswa/siswi kelas X SMAN 8 setelah dilakukan uji coba pembelajaran dengan menggunakan e magazine. Dengan demikian menunjukkan bahwa penggunaan e-magazine dalam pembelajaran kimia memberikan hasil belajar yang positif meningkat dari pada menggunakan media belajar konvensional. SMAN 8 Kota Jambi sementara ini belum melaksanakan pembelajaran menggunakan media elektronik (e-magazine) sebagai media pembelajaran kimia secara rutin maupun insidentil Kata Kunci: Penerapan, E-Magazine, Chemistry, Hasil Belajar Siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | MASTURANDA |
Date Deposited: | 09 Jun 2023 07:07 |
Last Modified: | 09 Jun 2023 07:07 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49383 |
Actions (login required)
View Item |