Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan TPACK Berbantuan Articulate Storyline Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Materi Sifat Koligatif Larutan

Azhim, Zainuddin (2023) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan TPACK Berbantuan Articulate Storyline Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Materi Sifat Koligatif Larutan. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (131kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (205kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (66kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (196kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (200kB)
[img] Text
SKRIPSI_A1C119007_Zainuddin Azhim.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Azhim, Zainuddin. 2023. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan TPACK Berbantuan Articulate Storyline Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Materi Sifat Koligatif Larutan: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Dra. Zurweni, M.Si., (II) Aulia Sanova, S.T., M.Pd. Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Pendekatan TPACK, Articulate Storyline, Kemampuan Berpikir Kritis, Sifat Koligatif Larutan. Pendidikan memiliki hubungan dengan tuntutan perkembangan zaman yang sering kali memunculkan persoalan-persoalan baru dalam bidang pendidikan. Misalnya, proses belajar mengajar di dalam kelas dirasa kurang efektif disebabkan pengajar kurang mampu menyesuaikan dengan perkembangan zaman yang dihadapi. Persoalan tersebut dapat mempengaruhi kualitas Pendidikan di Indonesia, sehingga diperlukan solusi-solusi untuk mengatasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pengembangan, kelayakan, serta penilaian guru, tingkatan kemampuan siswa dan respon siswa terhadap multimedia interaktif berbasis pendekatan TPACK berbantuan Articulate Storyline terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sifat koligatif larutan yang dikembangkan. Proses pengembangan produk dalam penelitian ini mengikuti tahapan dalam model pengembangan Lee and Owens yaitu: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Instrument penelitian yang digunakan berupa lembar wawancara, dan angket. Hasil pengembangan produk divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Setelah iti media dinilai oleh guru serta diuji cobakan pada kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif (komentar dan saran) dan analisis data kuantitatif (respon siswa). Hasil dari penelitian ini bahwa multimedia interaktif berbasis pendekatan TPACK berbantuan articulate storyline layak secara konseptual dan prosedural berdasarkan ahli materi memperoleh persentase sebesar 80%, ahli media dengan persentase 85,6%, penilaian guru dengan persentase 85,6%, uji one to one memiliki persentase 84,76%, dan dari respon siswa memiłiki persentase 84,42%. Berdasarkan pengembangan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis pendekatan TPACK berbantuan Articulate Storyline sudah memenuhi semua tahapan pengembangan sampai uji kelompok kecil/small group dengan hasil sangat baik. Penelitian berikutnya dapat dilanjutkan untuk uji coba lapangan (Field Trial).

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Interaktif, Pendekatan TPACK, Articulate Storyline, Kemampuan Berpikir Kritis, Sifat Koligatif Larutan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Azhim
Date Deposited: 05 Jun 2023 03:16
Last Modified: 05 Jun 2023 03:16
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49384

Actions (login required)

View Item View Item