PEMENUHAN HAK ATAS PENDIDIKAN ANAK PENYANDANG DISABILITAS BERDASARKAN PERATURAN DAERAH PROVINSI JAMBI NOMOR 3 TAHUN 2022 TENTANG PERLINDUNGAN DAN PEMENUHAN HAK PENYANDANG DISABILITAS

rasyid ar, m. afif (2023) PEMENUHAN HAK ATAS PENDIDIKAN ANAK PENYANDANG DISABILITAS BERDASARKAN PERATURAN DAERAH PROVINSI JAMBI NOMOR 3 TAHUN 2022 TENTANG PERLINDUNGAN DAN PEMENUHAN HAK PENYANDANG DISABILITAS. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
FULL SKRIPSI(AFIF)1 M. AFIF AR RASYID B10019037.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (901kB)
[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (25kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN & PERSETUJUAN.pdf

Download (210kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (29kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (199kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (40kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB)

Abstract

Pendidikan merupakan suatu pondasi didalam memberikan kemajuan terhadap suatu bangsa. Seluruh warga negara berhak mendapatkan Pendidikan yang layak karena mendapatkan Pendidikan merupakan kajian dari Hak Asasi Manusia tanpa terkecuali kepada anak penyandang disabilitas yang merupakan anak-anak istimewa serta merupakan salah satu aset terpenting Negara. Pemerintah baik pusat maupun daerah wajib saling berkorelasi terhadap pemenuhan hak serta sarana Pendidikan bagi anak penyandang disabilitas dengan kewenangan serta pengawasan yang ada. Skripsi ini membahas mengenai Pemenuhan Hak Atas Pendidikan Anak Penyandang Disabilitas Berdasarkan Peraturan Daerah Provinsi Jambi Nomor 3 Tahun 2022 Tentang Perlindungan Dan Pemenuhan Hak Bagi Penyandang Disabilitas, yang mana dalam penelitian ini untuk melihat bagaimana kewenangan Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Bidang PKLK, melaksanakan mekanisme pengawasan terhadap penyelenggaraan pemenuhan hak serta sarana Pendidikan bagi anak penyandang disabilitas di sekolah luar biasa Provinsi Jambi, serta mengevaluasi berapa jumlah guru yang linier di sekolah luar biasa Provinsi Jambi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian yuridis empiris. Spesifikasi penelitian dalam skripsi ini adalah bersifat deskriptif, dengan maksud menggambarkan atau menguraikan peraturan daerah tersebut telah terimplementasi atau sebaliknya serta mengkaji kewenangan serta pengawasan dari Pemerintah Provinsi Jambi terhadap pelaksanaan penyelenggaraan pendidikan bagi anak-anak penyandang disabilitias di sekolah luar biasa Provinsi Jambi. Sehingga baik pemerintah, maupun masyarakat serta kepada pihak akademisi bisa selalu mendukung didalam pemenuhan hak sarana Pendidikan bagi anak-anak penyandang disabilitas. Kata Kunci : Pemenuhan, Kewenangan, Pengawasan, Disabilitas, Sekolah Luar Biasa

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: RASYID
Date Deposited: 05 Jun 2023 07:26
Last Modified: 05 Jun 2023 07:26
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49416

Actions (login required)

View Item View Item