ANALISIS PEMBELAJARAN IPA MATERI KALOR DAN PERPINDAHAN KALOR MELALUI LESSON STUDY BERBASIS TBLA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VII SMP ISLAM AL FALAH JAMBI

Riana, Puspa Cantika (2023) ANALISIS PEMBELAJARAN IPA MATERI KALOR DAN PERPINDAHAN KALOR MELALUI LESSON STUDY BERBASIS TBLA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VII SMP ISLAM AL FALAH JAMBI. S2 thesis, MAGISTER PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN ALAM.

[img] Text
COVER.pdf

Download (221kB)
[img] Text
TESIS_PUSPA CANTIKA RIANA_P2A521011.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
halaman persetujuan dan pengesahan.pdf

Download (462kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (214kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (343kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (211kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (450kB)

Abstract

ABSTRAK Riana, P.C. 2023. Analisis Pembelajaran IPA Materi Kalor dan Perpindahan Kalor Melalui Lesson Study Berbasis TBLA untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VII SMP Islam Al Falah Jambi. Tesis. Program Magister Pendidikan IPA Universitas Jambi, Pembimbing I. Dr. Drs. Syamsurizal, M.Si. Pembimbing II Dr. Drs. Haryanto, M.Kes Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran IPA materi kalor dan perpindahan kalor melalui lesson study berbasis TBLA dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VII SMP Islam Al Falah Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMP Islam Al Falah Jambi pada 19 Oktober sampai 8 November 2022. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.3 dengan sampel sebanyak 25 siswa kelas VII.3 dengan teknik total sampling. Upaya yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu dengan menerapkan lesson study dalam pembelajaran yang terdiri dari 2 siklus pembelajaran, masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan (plan), tahap pelaksanaan (do) dan tahap refleksi (see). Pengumpulan data menggunakan lembar observasi keaktifan belajar siswa, lembar observasi pelaksanaan pembelajaran, dan dokumentasi berupa rekaman video pembelajaran. Hasil pelaksanaan pembelajaran dari kedua siklus mengalami peningkatan yaitu siklus I berada pada kategori baik dan pada siklus II berada pada kategori sangat baik. Adapun hasil keaktifan belajar siswa dari kedua siklus juga mengalami peningkatan pada masing-masing indikator keaktifan belajar siswa, yaitu keaktifan fisik, keaktifan intelektual, keaktifan mental, dan keaktifan emosional. Hasil analisis TBLA diperoleh masalah pada siklus I yaitu peserta didik cenderung malu dalam mengemukakan pendapat, kurang fokus dalam diskusi kelompok, kurang berani dalam mempresentasikan hasil diskusinya, serta kurangnya sarana prasarana penunjang keaktifan belajar siswa. Masalah tersebut dapat teratasi pada siklus II dan keaktifan belajar siswa bertambah dengan tetap menggunakan metode diskusi kelompok. Jadi dapat disimpulkan bahwa lesson study berbasis TBLA dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Kata Kunci: Keaktifan belajar siswa, lesson study, transcript based lesson analysis

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Puspa Cantika Riana
Date Deposited: 06 Jun 2023 01:22
Last Modified: 06 Jun 2023 01:22
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49453

Actions (login required)

View Item View Item