PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERBASIS CERITA RAKYAT TAPA MALENGGANG SEBAGAI MEDIA LITERASI UNTUK PESERTA DIDIK KELAS III SEKOLAH DASAR

SARI, ANGGITA (2023) PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERBASIS CERITA RAKYAT TAPA MALENGGANG SEBAGAI MEDIA LITERASI UNTUK PESERTA DIDIK KELAS III SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI_ANGGITA SARI_A1D119058.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (794kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan dan Halaman Pengesahan.pdf

Download (827kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (778kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (744kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (722kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (790kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Sari, Anggita 2023, Skripsi yang berjudul “Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Cerita Rakyat Tapa Malenggang Sebagai Media Literasi Untuk Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Drs. Syahrial, M.Ed., Ph.D (II) Alirmansyah, S.Pd., M.Pd Kata kunci: buku cerita bergambar, tapa malenggang, media literasi Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan prosedur dari pengembangan buku cerita bergambar berbasis cerita rakyat tapa malenggang untuk peserta didik kelas III Sekolah Dasar, (2) untuk mendeskripsikan tingkat kevalidan dari buku yang dikembangkan, (3) untuk mendeskripsikan tingkat kepraktisan dari buku yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Penelitian berupa pengembangan buku cerita bergambar berbasis cerita rakyat tapa malenggang sebagai media literasi untuk peserta didik kelas III Sekolah Dasar. Model penelitian ini yaitu model pengembangan ADDIE, yaitu (1) Analyze (2) Design (3) Develop (4) Implement (5) Evaluate. Penelitian ini dilakukan di SDN 112/1 Perumnas. Data penelitian ini diperoleh dari validasi materi, media, dan bahasa, serta diperoleh juga data dari angket respon guru dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian ini adalah: (1) Buku cerita bergambar berbasis cerita rakyat tapa malenggang untuk peserta didik kelas III Sekolah Dasar. (2) Tingkat kevalidan diperoleh dari validasi oleh ahli materi tahap ke-1 dengan nilai 3,8 dengan kategori “valid”, kemudian pada penilaian ahli materi tahap ke-2 dengan nilai 5 termasuk kategori “sangat valid”, selanjutnya pada validasi oleh ahli media tahap ke-1 dengan nilai 3,9 dengan kategori “valid”, kemudian pada penilaian ahli media tahap ke-2 dengan nilai 5 termasuk kategori “sangat valid”, dan pada validasi oleh ahli bahasa tahap ke-1 dengan nilai 3,8 dengan kategori “valid”, selanjutnya pada penilaian ahli bahasa tahap ke-2 dengan nilai 5 termasuk kategori “sangat valid”. (3) Tingkat kepraktisan buku cerita bergambar yang dikembangkan dengan dengan ahli praktisi yang dilakukan oleh 2 orang guru kelas III Sekolah Dasar diperoleh nilai 4,8 dari ahli praktisi I, dan nilai 4,7 dari ahli praktisi II dan keduanya termasuk kategori “sangat praktis”. Hasil uji coba kelompok kecil juga mendapat nilai skor rata-rata 4,7 yang termasuk ke dalam kategori “sangat praktis”, sedangkan hasil uji coba kelompok besar mendapat nilai skor rata-rata 4,8 yang termasuk ke dalam kategori “sangat praktis”. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa buku cerita bergambar berbasis cerita rakyat tapa malenggang sebagai media literasi untuk peserta didik kelas III sekolah dasar yang telah dikembangkan dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: buku cerita bergambar, tapa malenggang, media literasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Sari
Date Deposited: 06 Jun 2023 08:02
Last Modified: 06 Jun 2023 08:02
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49459

Actions (login required)

View Item View Item