PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X BERBASIS COURSELAB 2.4 DI SMA ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI

Filiang, Arie Iswara PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X BERBASIS COURSELAB 2.4 DI SMA ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI. jurnal PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X BERBASIS COURSELAB 2.4 DI SMA ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (461kB)

Abstract

ABSTRAK Filiang, Arie Iswara. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Kelas X Berbasis CourseLab 2.4 di SMA Islam Al-Falah Kota Jambi: Skripsi, Jurusan pendidikan ilmu pengetahuan sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Dr. Drs.H. Ekawarna, M.Psi.,(II) Nelly Indrayani, S.Hum, M.Hum. Kata Kunci: Media Pembelajaran Sejarah, CourseLab 2.4 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan media pembelajaran sejarah kelas X berbasis CourseLab 2.4 di SMA Islam Al-Falah Kota Jambi dan menetahui respon siswa kelas X terhadap penerapan media pembelajaran sejarah yang dikembangkan melalui CourseLab 2.4. Pengembangan media pembelajaran sejarah kelas X berbasis CourseLab 2.4 pada penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu: Analisis, Desain, Development, Implementasi, dan Evaluasi. Hasil pengembangan dari penelitian ini adalah berupa sebuah CD pembelajaran yang berisikan materi pembelajaran sejarah, video pembelajaran sejarah, dan latihan yang dibuat dan didesain dengan Software CourseLab 2.4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil validasi ahli materi didapatkan skor sebanyak 47 dengan persentase 83,92%, maka materi yang ada di dalam media yang dikembangkan dikategorikan sangat baik. Adapun perbaikan atau revisi yang harus ditambah dan diperbaiki adalah perbaikan seperti penambahan tujuan pembelajaran, penambahan materi sejarah lokal di dalam media. Dari hasil validasi ahli media yang tertera di tabel 4.2 di atas didapat skor untuk penilaian media sebnayak 53 dengan persentase 94,64%. Maka media dikategorikan sangat baik. Kemudian setelah divalidasi dilihat respon siswa dari uji coba kelompok kecil, besar kemudian uji lapangan. Dari hasil ujicoba kelompok kecil diperoleh data keseluruhan skor sebanyak 219 dengan persentase 84,23% maka dapat disimpulkan bahwa media dikategorikan sangat baik. Selanjutnya dari hasil ujicoba kelompok besar hasil diperoleh keseluruhan skor sebanyak 723 dengan persentase 92,69% maka dapat disimpulkan bahwa media dikategorikan sangat baik. Media pembelajaran yang telah selesai dikembangkan lalu di implementasi di SMA Islam Al-Falah Kota Jambi pada siswa kelas X IMA 2, dengan jumlah 32 siswa pada satu ruangan kelas diberi pretest dan postest. Didapatkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebanyak 44,07%. Maka dapat disimpulkan media pembelajaran berbasis Courselab 2.4 layak dan efektif digunakan untuk siswa kelas X dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disarankan media pembelajaran berbasis CourseLab 2.4 dapat menjadi variasi pembelajaran, dan dapat menjadi alternatif guru dalam melakukan proses belajar mengajar, dan mungkin dapat dikembangkan dengan materi yang berbeda dan media pembelajaran ini dapat menarik minat siswa dalam belajar dan memudahkan siswa untuk mengetahui materi sejarah

Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
Depositing User: ARIE ISWARA F
Date Deposited: 15 Aug 2018 00:53
Last Modified: 15 Aug 2018 00:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4946

Actions (login required)

View Item View Item