ALFIANA, RIZKI (2023) STUDI KANDUNGAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA BUKU TEKS DI KELAS II SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI RIZKI ALFIANA (A1D119007) LENGKAP.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (177kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan dan Pengesahan.pdf Download (159kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (109kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (84kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (113kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (33kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (109kB) |
Abstract
Alfiana, Rizki. 2023, “Studi Kandungan Nilai Pendidikan Karakter pada Buku Teks di Kelas II Sekolah Dasar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. FKIP, Universitas Jambi. Dosen pembimbing (I) Drs. Syahrial, M.Ed., Ph.D. (II) Alirmansyah, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Studi Kandungan, Nilai Pendidikan Karakter, Buku Teks Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan nilai pendidikan karakter pada buku teks di kelas II sekolah dasar pada semester ganjil dan genap. Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Teratai, Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis studi dokumen. Penelitian ini menganalis muatan nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam buku teks kurikulum 2013 kelas II sekolah dasar semester ganjil dan genap. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa hasil analisis isi terhadap buku teks tematik khususnya pada buku pegangan siswa kelas II sekolah dasar Edisi Revisi 2017 pada semester ganjil dan genap di dalamnya mengandung nilai-nilai pendidikan karakter pada setiap konten materi yang disajikan di dalamnya. Adapun nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam buku teks tematik pegangan siswa, yaitu nilai relgius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Tidak semua nilai pendidikan karakter terkandung dalam setiap konten materi pembelajaran pada setiap tema pembelajaran yang di dalamnya memuat subtema pembelajaran yang harus diajarkan. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah dalam buku teks tematik tersebut mengandung nilai-nilai pendidikan karakter dalam setiap konten atau materi pembelajaran yang sesuai dengan Permendikbud No. 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada satuan pendidikan formal. Kemunculan nilai-nilai pendidikan karakter memiliki frekuensi yang berbeda-beda pada setiap tema yang diajarkan pada semester ganjil dan genap. Adanya kandungan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam buku teks tematik Edisi Revisi 2017 pegangan siswa di kelas II sekolah dasar ini diharapkan dapat membantu tenaga pendidik dalam menanamkan dan mengembangkan nilai pendidikan karakter dalam diri peserta didik yang disesuaikan dengan karakter peserta didik usia sekolah dasar terutama yang duduk di bangku kelas II sekolah dasar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Studi Kandungan, Nilai Pendidikan Karakter, Buku Teks |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Alfiana |
Date Deposited: | 06 Jun 2023 08:08 |
Last Modified: | 06 Jun 2023 08:08 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49485 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |