Masita, Ella (2021) "Multikulturalisme and Interkulturalisme dalam Pengajaran Bahasa Inggris di Indonesia". ISoLEC 2021 Proceedings: Digital Transfromation in Language, Education, and Culture: Challenges and Opportunity 2021, 5 (1). pp. 240-245. ISSN 2598-0653
![]() |
Text
MULTIKULTURALISME DAN INTERKULTURALISME DALAM PENGAJARAN BAHASA INGGRIS-ISOLEC 2021-ELLA MASITA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Multikulturalisme dalam pengajaran bahasa Inggris di Indonesia adalah salah satu topik penelitian yang banyak digali. Sebagaimana yang dikemukakan oleh para ahli, adanya multikultur dan multi etnik dari Negara-negara penutur Bahasa Inggris menyebabkan perdebatan tentang negara apa yang bisa dijadikan acuan serta budaya mana yang bisa disebut mewakili budaya Bahasa Inggris (English culture). Selain itu, Negara Indonesia sendiri adalah suatu Negara dengan berbagai latar belakang etnis dan budaya. Ditambah lagi adanya kecemasan tentang pengaruh pengajaran Bahasa Inggris terhadap perkembangan nasionalisme generasi muda Indonesia juga menjadikan pengajaran Bahasa Inggris di Indonesia menghadapi berbagai tantangan. Terlepas dari permasalahn di atas, interkulturalisme sebagai suatu alternatif pemecahan masalah yang berhubungan dengan multikulturalisme juga disajikan dalam makalah ini. Diharapkan bahwa melalui pemaparan dalam makalah ini, dapat dicapai pemahaman yang lebih lengkap dan komprehensif tentang multikulturalisme dan interkulturalisme dalam dunia pendidikan di Indonesia, terutama sehubungan dengan pengajaran Bahasa Inggris di sekolah.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Masita |
Date Deposited: | 06 Jun 2023 01:07 |
Last Modified: | 07 Jun 2023 02:12 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49491 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |