Masita, Ella and Yanto, Yanto PENINGKATAN PARTISIPASI MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM-BASED LEARNING). Project Report. UNIVERSITAS JAMBI. (Unpublished)
Text
ARTIKEL-HIBAH PENELITIAN FKIP 2021-ELLA MASITA.pdf Download (185kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan tingkat partisipasi mahasiswa dalam pembelajaran psikologi pendidikan melalui pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning). Selain itu, melalui penelitian ini diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan mereka sebagai calon guru dalam mengidentifikasi permasalahan yang mungkin akan dihadapi peserta didik sebagai pemakai aktif internet, termasuk akar permasalahan dan penyebab terjadi permsalahan tersebut. Selanjutnya, dilakukan perumusan langkah dan strategi yang mungkin dilakukan oleh guru untuk membantu peserta didik dalam mengatasi permasalahan tersebut. Melalui indentifikasi masalah dan perumusan strategi untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut, mahasiswa dalam kelas psikologi pendidikan diharapkan dapat mendesain suatu skema pengelolaan pembelajaran dalam rangka mengoptimalkan dampak positif dan meminimalkan dampak negatif dari pemakaian internet terhadap peserta didik. Peneliti berharap hasil penelitian ini akan dapat berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan memberi manfaat bagi mahasiswa, dosen pendidik, pembuat kurikulum, dan pengambil kebijakan (policy maker) baik di ruang lingkup UNJA maupun isntitusi pendidikan tinggi lain di Indonesia. Lebih spesifik lagi, melalui penelitian ini diharapkan akan dapat meningkatkan tingkat partisipasi mahasiswa untuk dapat berperan aktif dalam mengikuti pembelajaran perkuliahan psikologi pendidikan. Selain itu, mahasiswa sebagai calon guru dapat mengembangkan kemampuan dalam menganalisa permasalahan dan merumuskan skema alternatif dan strategi pemecahan masalah, khususnya dibidang pemakaian internet bagi remaja. Di sisi lain, dosen akan dapat mengembangkan rancangan pembelajaran mata kuliah psikologi pendidikan yang dapat meningkatkan partisipasi dan keaktifan mahasiswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran baik di kelas maupun di luar kelas. Untuk konteks yang lebih luas, sebagai masukan kepada penyusun kurikulum dan pengambil kebijakan insititusi tentang dunia digital terutama internet dan dampaknya bagi pemakai sehingga hal ini bisa mendapatkan perhatian yang lebih dalam perancangan kurikulum dan pengambilan kebijakan dalam dunia pendidikan, khususnya pendidikan tinggi.
Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Masita |
Date Deposited: | 06 Jun 2023 01:06 |
Last Modified: | 07 Jun 2023 02:14 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49493 |
Actions (login required)
View Item |