Pengembangan Video Animasi Pada Muatan Pelajaran PPKn Materi Simbol-Simbol Pancasila dan Pengamalan Sila Pancasila Kelas II Sekolah Dasar

Nainggolan, Shelsa Br (2023) Pengembangan Video Animasi Pada Muatan Pelajaran PPKn Materi Simbol-Simbol Pancasila dan Pengamalan Sila Pancasila Kelas II Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (86kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (279kB)
[img] Text
COVER, ABSTRAK, DAFTAR ISI, TABEL, DAN LAMPIRAN.pdf

Download (234kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (107kB)
[img] Text
Skripsi Final Repository (AutoRecovered).pdf

Download (7MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Nainggolan, Shelsa Br. 2023. Pengembangan Video Animasi Pada Muatan Pelajaran PPKn Materi Simbol-Simbol Pancasila Dan Pengamalan Sila Pancasila Kelas II Sekolah Dasar: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing: (1) Dr. Muhammad Sofwan, S.Pd., M.Pd., (2) Muhammad Sholeh, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan, Video Animasi, Pancasila Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan prosedur pengembangan video animasi pada muatan pelajaran PPKn materi simbol-simbol pancasila dan pengamalan sila pancasila kelas II sekolah dasar; (2) mendeskripsikan tingkat validitas video animasi pada muatan pelajaran PPKn materi simbol-simbol pancasila dan pengamalan sila pancasila; (3) mendeskripsikan tingkat kepraktisan video animasi yang dikembangkan. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Data pada penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa angket validator serta angket respon guru dan peserta didik, sedangkan data kualitatif berupa saran dan masukan yang diberikan validator terhadap produk video animasi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 34/I Teratai. Data penelitian diperoleh melalui angket validasi oleh validator, angket respon guru dan peserta didik. Setelah itu, data dianalisis untuk mengetahui tingkat validitas dan kepraktisan dari video animasi yang dikembangkan. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa video animasi pada muatan pelajaran PPKn materi simbol-simbol Pancasila dan pengamalan sila Pancasila kelas II sekolah dasar dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Hasil validasi ahli media memperoleh skor rata-rata 5 dengan kategori sangat valid, hasil validasi ahli bahasa memperoleh skor rata-rata 4,9 dengan kategori sangat valid, hasil validasi ahli materi memperoleh skor rata-rata 5 dengan kategori sangat valid, hasil angket respon guru memperoleh skor rata-rata 4,7 dengan kategori sangat praktis, hasil uji coba kelompok kecil memperoleh skor rata-rata 0,9 dengan kategori sangat praktis, dan hasil uji coba kelompok besar memperoleh skor rata-rata 0,97 dengan kategori sangat praktis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengembangan video animasi pada muatan pelajaran PPKn materi simbol-simbol Pancasila dan pengamalan sila Pancasila kelas II sekolah dasar dinyatakan sangat valid dan sangat praktis.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Video Animasi, Pancasila
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Nainggolan
Date Deposited: 06 Jun 2023 07:21
Last Modified: 06 Jun 2023 07:21
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49496

Actions (login required)

View Item View Item