Oktaviani, Sri (2023) Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Materi Asam Basa Dikelas XI Mia SMA Adhyaksa 1 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (311kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (212kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (192kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHA1.pdf Download (230kB) |
Abstract
Dalam proses pembelajaran dibutuhkan suatu model pembelajaran yang mampu meningkatkan interaksi antar peserta didik dan keterampilan proses sains. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Pada model pembelajaran PBL ini peserta didik diarahkan dan diajak menemukan sendiri konsep pengetahuan dari pengamatan melalui metode praktikum atau eksperimen di laboratorium. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan model Problem Based Learning (PBL) dan korelasinyanya terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada materi asam basa di kelas XI MIA SMA Adhyaksa 1 Kota Jambi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis model triangulasi konkuren yaitu teknik penelitian mengumpulkan data kuantitatif dan kualitatif secara konkuren (dalam satu waktu). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Terdapat satu kelas yang digunakan sebagai sampel yaitu kelas XI MIA 2. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu instrumen penilaian pelaksanaan model oleh guru dan peserta didik serta instrumen penilaian keterampilan proses sains peserta didik. Teknik analisis data kualitatif menggunakan teknik analisa deskriptif dan data kuantitatif menggunakan uji korelasi product moment. Pelaksanaan model Problem Based Learning oleh guru dan peserta didik telah terlaksana sesuai prinsip model Problem Based Learning setiap pertemuannya. Korelasi pelaksanaan model Problem Based Learning terhadap keterampilan proses sains dikategorikan sangat kuat dengan rata-rata 0.86. Dengan Koefisien determinasinya = 74%. Hal ini berarti terdapat kontribusi penggunaan model Problem Based Learning (PBL) sebesar 74% terhadap keterampilan proses sains peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat korelasi pelaksanaan model Problem Based Learning berbantuan LKPD dengan keterampilan proses sains peserta didik pada materi asam basa di kelas XI MIA 2 SMA Adhyaksa 1 Kota Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Keterampilan Proses Sains, Asam dan Basa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | OKTAVIANI |
Date Deposited: | 06 Jun 2023 06:29 |
Last Modified: | 06 Jun 2023 06:29 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49500 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |