Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Materi Asam Basa Dikelas XI Mia SMA Adhyaksa 1 Kota Jambi

Oktaviani, Sri (2023) Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Materi Asam Basa Dikelas XI Mia SMA Adhyaksa 1 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (184kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (212kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHA1.pdf

Download (230kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Dalam proses pembelajaran dibutuhkan suatu model pembelajaran yang mampu meningkatkan interaksi antar peserta didik dan keterampilan proses sains. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Pada model pembelajaran PBL ini peserta didik diarahkan dan diajak menemukan sendiri konsep pengetahuan dari pengamatan melalui metode praktikum atau eksperimen di laboratorium. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan model Problem Based Learning (PBL) dan korelasinyanya terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada materi asam basa di kelas XI MIA SMA Adhyaksa 1 Kota Jambi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis model triangulasi konkuren yaitu teknik penelitian mengumpulkan data kuantitatif dan kualitatif secara konkuren (dalam satu waktu). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Terdapat satu kelas yang digunakan sebagai sampel yaitu kelas XI MIA 2. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu instrumen penilaian pelaksanaan model oleh guru dan peserta didik serta instrumen penilaian keterampilan proses sains peserta didik. Teknik analisis data kualitatif menggunakan teknik analisa deskriptif dan data kuantitatif menggunakan uji korelasi product moment. Pelaksanaan model Problem Based Learning oleh guru dan peserta didik telah terlaksana sesuai prinsip model Problem Based Learning setiap pertemuannya. Korelasi pelaksanaan model Problem Based Learning terhadap keterampilan proses sains dikategorikan sangat kuat dengan rata-rata 0.86. Dengan Koefisien determinasinya = 74%. Hal ini berarti terdapat kontribusi penggunaan model Problem Based Learning (PBL) sebesar 74% terhadap keterampilan proses sains peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat korelasi pelaksanaan model Problem Based Learning berbantuan LKPD dengan keterampilan proses sains peserta didik pada materi asam basa di kelas XI MIA 2 SMA Adhyaksa 1 Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Keterampilan Proses Sains, Asam dan Basa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: OKTAVIANI
Date Deposited: 06 Jun 2023 06:29
Last Modified: 06 Jun 2023 06:29
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49500

Actions (login required)

View Item View Item