Studi Komparasi Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan Jigsaw Terhadap Hasil Belajar PPKn Pada Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 5 Kota Jambi

Saraswati, Dhita Puti Studi Komparasi Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan Jigsaw Terhadap Hasil Belajar PPKn Pada Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 5 Kota Jambi. Studi Komparasi Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Dan Jigsaw Terhadap Hasil Belajar PPKn Pada Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 5 Kota Jambi.

[img] Text
ARTIKEL SKRIPSI.pdf

Download (435kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar PPKn antara penggunaan model pembelajaran STAD dengan model pembelajaran jigsaw pada siswa kelas X IPS SMAN 5 Kota Jambi. Metode penelitian Pre-Eksperimental dengan rancangan The Static Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMAN 5 Kota Jambi tahun ajaran 2017/2018. Sampel penelitian adalah kelas X IPS 2 dan Kelas X IPS 3. Data penelitian ini dikumpulkan melalui tes objektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen I yang menggunakan model pembelajaran STAD sebesar 81,45, rata-rata tersebut lebih tinggi dari kelas eksperimen II yang menggunakan model jigsaw dengan rata-rata hasil belajar 76,81. Berdasarkan perhitungan uji-t kesamaan dua rata-rata dua pihak, didapat thitung > ttabel (2,8509>2,0181). Dengan demikian maka hipotetis statistik Ha diterima.Dari analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar PPKn yang menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Divison (STAD) dengan model pembelajaran jigsaw pada siswa kelas X IPS SMA Negeri 5 kota Jambi. Kata Kunci: Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD), Jigsaw, Hasil Belajar.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: DHITA PUTI SARASWATI
Date Deposited: 15 Aug 2018 00:53
Last Modified: 15 Aug 2018 00:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4954

Actions (login required)

View Item View Item