Safira, Isnaini (2023) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SUKU ANAK DALAM. S2 thesis, Universitas Jambi.
Text
TESIS ISNAINI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
Text
cover.pdf Download (49kB) |
|
Text
halaman pengesahan .pdf Download (425kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (85kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (120kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (38kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (107kB) |
Abstract
Kurangnya media pembelajaran berbasis teknologi ditengah kemajuan teknologi di lingkungan Suku Anak Dalam membuat Suku Anak Dalam tidak mudah mencapai tujuan pembelajaran yang seharusnya teknologi dapat menjadi jembatan untuk mendapatkan pembelajaran dengan lebih mudah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan video pembelajaran, menilai kelayakan video pembelajaran dan juga melihat peningkatan minat belajar Suku Anak Dalam pada materi sistem pencernaan manusia. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Prosedur pengembangan ini mengacu pada Trollip dan Allesi (2001) dengan tahapan Planning, Designing, dan Developing. Subjek penelitian adalah Suku Anak Dalam yang berusia 15-18 tahun di Desa Sukajadi, Kec. Bathin VIII, Kab. Sarolangun. Untuk menilai produk secara teoritis dan konsep maka akan diterapkan validasi ahli media dan ahli materi. Dan untuk melihat kelayakan secara praktik dan peningkatan minat belajar digunakan angket minat belajar untuk Suku Anak Dalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji kelayakan video pembelajaran sistem pencernaan manusia untuk Suku Anak Dalam pada hasil validasi ahli materi 90.67% dengan kategori sangat layak. Dan hasil validasi ahli media sebelum revisi 83.5% dengan kategori sangat layak. Kemudian hasil validasi ahli media setelah revisi diperoleh 84% dengan kategori sangat layak. Dan respon pendidik diperoleh nilai 93.57% dengan kategori sangat positif. Kemudian berdasarkan uji coba satu-satu diperoleh 90.27% dengan kategori sangat tinggi, uji coba kelompok kecil diperoleh nilai 86,34% dengan kategori sangat tinggi, dan uji coba lapangan diperoleh nilai 90.7% dengan kategori sangat tinggi. Sehingga video pembelajaran sistem pencernaan manusia layak digunakan oleh Suku Anak Dalam sebagai media pembelajaran dan dapat meningkatkan minat belajar Suku Anak Dalam.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pascasarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Isnaini Safira |
Date Deposited: | 09 Jun 2023 02:51 |
Last Modified: | 09 Jun 2023 02:51 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49556 |
Actions (login required)
View Item |