Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning dan Direct Instruction Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas Xi Ips di SMA Negeri 6 Kota Jambi

Purwanti, Sri Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning dan Direct Instruction Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas Xi Ips di SMA Negeri 6 Kota Jambi. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning dan Direct Instruction Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas Xi Ips di SMA Negeri 6 Kota Jambi.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (378kB)

Abstract

ABSTRAK Purwanti, Sri. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning dan Direct Instruction Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas Xi Ips di SMANegeri 6Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Hj. Farida Kohar, MP., (II) Dra. Refnida, M.E Kata Kunci : Project Based Learning, Hasil Belajar, Direct Instruction Ketika proses pembelajaran ekonomi masih banyak siswa yang mengalami masalah hingga berdampak pada hasil belajar yang didapatkan. Hal ini ditandai dengan siswa mengobrol diluar konteks pembelajaran saat proses pembelajaran berlangsung, siswa lambat mengerjakan tugas dan siswa tidak mampu menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. hal ini dikarenakan proses pembelajaran yang kurang menyenangkan dan guru terlalu sering menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh model Project Based Learning terhadap hasil belajar ekonomi siswa, 2) Pengaruh Model Direct Instruction terhadap hasil belajar ekonomi siswa, 3) Perbedaan Model Project Based Learning dan Direct Instructionterhadap hasil belajar ekonomi siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 6 Kota Jambi pada April-Mei 2018. Data penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar kepada siswa yang sebelumnya diberikan perlakuan terlebih dahulu menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan Direct Instruction. Setelah dilakukan tes, hasil belajar dianalisis secara kuantitatif menggunakan rumus statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Project Based Learning terhadap hasil belajar ekonomi siswa yang semula rata-rata nilainya 39,99 menjadi 71,84. Begitu juga pengaruh Model Direct Instruction terhadap hasil belajar ekonomi siswa yang semula rata-rata 38,07 menjadi 67,64. Hasil ini diperkuat dengan perhitungan hasil uji-t sebesar 2,737. Dengn taraf signifikan 0,05 diperoleh nilai t tabel sebesar 1,663. Dengan demikian t hitung > t tabel atau 2,737 > 1,663 yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Project based learning lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan model Direct Instruction pada siswa SMA Negeri 6 Kota Jambi. Berdasarkan kesimpulan tersebut maka, sebaiknya dalam melakukan pengajaran menggunakan model pembelajaran project based learning khususnya untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: SRI PURWANTI
Date Deposited: 16 Aug 2018 01:10
Last Modified: 16 Aug 2018 01:10
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4960

Actions (login required)

View Item View Item