Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Introvert dan Ekstrovert dalam Menyelesaikan Soal Berstandar AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) Kelas VIII SMP

Maudia, Nelva (2023) Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Introvert dan Ekstrovert dalam Menyelesaikan Soal Berstandar AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) Kelas VIII SMP. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (441kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (196kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (408kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (253kB)
[img] Text
Skripsi Ke Repository.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
cover0200017585.pdf

Download (778kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Matematika merupakan ilmu pengetahuan yang berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari. Dalam menyelesaikan permasalahan matematika sangat dibutuhkan kemampuan literasi numerasi. Namun, kemampuan literasi numerasi pelajar Indonesia masih tergolong rendah yang membuat pemerintah menggalakkan program AKM (Asesmen Kompetensi Minimum). Akan tetapi, AKM belum mampu meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa. Hal ini berkaitan dengan cara berpikir siswa dalam belajar, salah satu faktor yang mempengaruhi cara berpikir siswa adalah kepribadian yang dibagi menjadi 4 dimensi bertolak belakang. Salah satunya adalah kepribadian introvert dan ekstrovert. Untuk itu, penelitian ini bertujun untuk menganalisis bagaimana kemampuan literasi numerasi siswa yang ditinjau dari kepribadian introvert dan ekstrovert dalam menyelesaikan soal berstandar AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) kelas VIII SMP yang dilakukan di SMP Negeri 6 Kota Jambi kelas VIII A, pada tanggal 27 Januari 2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak 4 siswa kelas VIII A SMP Negeri 6 Kota Jambi yaitu 2 dengan kepribadian introvert dan 2 yang lainnya berkepribadian ekstrovert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi numerasi siswa introvert adalah mampu menganalisis informasi dari gambar dan tabel dimana siswa mampu menuliskan dan menyebutkan hasil analisisnya terhadap soal melalui informasi yang diketahui dan ditanyakan pada permasalahan, mampu menggunakan angka dan simbol matematika sesuai dengan rumus/formula yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan pada soal, serta mampu menafsirkan, menyimpulkan, dan mengevaluasi konsep Teorema Phytagoras dalam menyelesaikan soal AKM. Sedangkan, kemampuan literasi numerasi siswa ekstrovert adalah cukup mampu menganalisis informasi dari gambar dan tabel dimana siswa sudah berusaha untuk menuliskan dan menyebutkan informasi yang diketahui dan ditanyakan pada permasalahan namun masih terdapat kesalahan, mampu menggunakan angka dan simbol matematika akan tetapi masih terdapat kesalahan dalam penggunaan simbol dan rumus/formula dalam pengerjaan soal, serta cukup mampu menafsirkan, menyimpulkan, dan mengevaluasi konsep Teorema Phytagoras dalam menyelesaikan soal AKM. Kata kunci: Literasi numerasi, introvert, ekstrovert, AKM (Asemen Kompetensi Minimum)

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Literasi numerasi, introvert, ekstrovert, AKM (Asemen Kompetensi Minimum)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Maudia
Date Deposited: 08 Jun 2023 04:18
Last Modified: 08 Jun 2023 04:18
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49617

Actions (login required)

View Item View Item