KEBIJAKAN GURU PENGGERAK BERDASARKAN PRINSIP KI HAJAR DEWANTARA DALAM PROGRAM MERDEKA BELAJAR DI SMA KOTA JAMBI

Oktapiani, Herlina (2023) KEBIJAKAN GURU PENGGERAK BERDASARKAN PRINSIP KI HAJAR DEWANTARA DALAM PROGRAM MERDEKA BELAJAR DI SMA KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text (KEBIJAKAN GURU PENGGERAK BERDASARKAN PRINSIP KI HAJAR DEWANTARA DALAM PROGRAM MERDEKA BELAJAR DI SMA KOTA JAMBI)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (7kB)
[img] Text (KEBIJAKAN GURU PENGGERAK BERDASARKAN PRINSIP KI HAJAR DEWANTARA DALAM PROGRAM MERDEKA BELAJAR DI SMA KOTA JAMBI)
BAB 1 upload sidang.pdf - Published Version

Download (311kB)
[img] Text (KEBIJAKAN GURU PENGGERAK BERDASARKAN PRINSIP KI HAJAR DEWANTARA DALAM PROGRAM MERDEKA BELAJAR DI SMA KOTA JAMBI)
BAB V ujian sidang skripsi.pdf - Published Version

Download (190kB)
[img] Text (KEBIJAKAN GURU PENGGERAK BERDASARKAN PRINSIP KI HAJAR DEWANTARA DALAM PROGRAM MERDEKA BELAJAR DI SMA KOTA JAMBI)
DAFTAR RUJUKAN skripsi.pdf - Published Version

Download (306kB)
[img] Text (KEBIJAKAN GURU PENGGERAK BERDASARKAN PRINSIP KI HAJAR DEWANTARA DALAM PROGRAM MERDEKA BELAJAR DI SMA KOTA JAMBI)
lembar pengesahan.pdf - Published Version

Download (515kB)
[img] Text (KEBIJAKAN GURU PENGGERAK BERDASARKAN PRINSIP KI HAJAR DEWANTARA DALAM PROGRAM MERDEKA BELAJAR DI SMA KOTA JAMBI)
skripsi full daftar yudisium.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru penggerak dalam merdeka belajar dan prinsip pembelajaran menurut Ki Hajar Dewantara. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Kota Jambi pada 2022. Peran guru penggerak sangat penting untuk meningkatkan pendidikan di indonesia agar pembelajaran menjadi kreatif dan inovatif yang berpusat pada peserta didik sehingga dibuatlah program guru penggerak. Penelitian ini mengambil delapan informan yang terdiri dari empat guru penggerak dan empat peserta didik SMA Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumen. Teknik analisis penyajian data dimulai dari pengumpulan data wawancara dan dokumen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan Guru Penggerak sudah berdasarkan prinsip Ki Hajar Dewantara dalam Program Guru Penggerak di SMA Kota Jambi dapat dilihat bahwa peran guru penggerak sudah berjalan baik dalam upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik dan juga guru penggerak telah menerapkan prinsip Ki Hajar Dewantara. Yang mana program guru penggerak mencerminkan 3 prinsip Ki Hajar Dewantara yang pertama guru berada di depan sebagai contoh perilaku yang baik kepada peserta didik. Yang kedua ditengah sebagai teman berbagi cerita dan masalah yang di hadapi peserta didik. Yang ketiga dibelakang yang mana mendorong dan memberikan motivasi serta semangat bagi peserta didik dalam mengajar.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Guru penggerak, prinsip pembelajaran ki hajar dewantara
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Triana
Date Deposited: 08 Jun 2023 06:47
Last Modified: 08 Jun 2023 07:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49678

Actions (login required)

View Item View Item