PERANAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DI SMK NEGERI 1 BATANGHARI

Fitrianti, Dwi (2023) PERANAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DI SMK NEGERI 1 BATANGHARI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text (PERANAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DI SMK NEGERI 1 BATANGHARI)
2 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (85kB)
[img] Text (PERANAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DI SMK NEGERI 1 BATANGHARI)
BAB 1 DWI FITRIANTI.pdf - Published Version

Download (191kB)
[img] Text (PERANAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DI SMK NEGERI 1 BATANGHARI)
BAB V.pdf - Published Version

Download (88kB)
[img] Text (PERANAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DI SMK NEGERI 1 BATANGHARI)
DAFTAR RUJUKAN.pdf - Published Version

Download (99kB)
[img] Text (PERANAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DI SMK NEGERI 1 BATANGHARI)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (631kB)
[img] Text (PERANAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DI SMK NEGERI 1 BATANGHARI)
,1 SKRIPSI AKU FULL PIKS DWI FITRIANTI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Peranan kepemimpinan kepala sekolah dalam pengelolaan perpustakaan di SMK Negeri 1 Batanghari serta faktor pendukung dan penghambat peranan kepemimpinan kepala sekolah dalam pengelolaan perpustakaan di SMK Negeri 1 Batanghari. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Informan dalam penelitian ini terdiri dari Kepala sekolah, kepala perpustakaan, layanan pemustaka guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis penyajian data dimulai dari mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data dan melakukan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan metode triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Peranan Kepemimpinan kepala sekolah yang mengacu pada konsep EMASLIM yaitu educator, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator, motivator yang mana peranan tersebut sudah dilaksanakan dengan baik namun belum terlaksana secara optimal dikarenakan masih ditemukan hambatan yang cukup berarti yaitu kekurangan tenaga dalam mengelola perpustakaan khusunya pada bagian pengelolaan koleksi buku. (2) Faktor pendukung dan penghambat yaitu berupa faktor pendukung yaitu kemampuan manajemen yang baik sedangkan untuk faktor penghambatnya adalah: 1)Kurangnya buku-buku yang sesuai dengan jurusan-jurusan yang ada; 2)Kurangnya tenaga Sumber daya manusia.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Peranan kepala sekolah, pengelolaan perpustakaan, pengelolaan koleksi buku
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: FITRIANTI
Date Deposited: 08 Jun 2023 06:49
Last Modified: 08 Jun 2023 06:49
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49679

Actions (login required)

View Item View Item