Mulyadi Sihombing, Andi (2023) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM LITERASI DAN NUMERASI STUDI KASUS PADA KEPALA SEKOLAH DAN GURU SMP NEGERI 23 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
Abstrak Andi.pdf - Published Version Download (414kB) |
|
Text (IMPLEMENTASI KEBIJAKAN ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM LITERASI DAN NUMERASI STUDI KASUS PADA KEPALA SEKOLAH DAN GURU SMP NEGERI 23 KOTA JAMBI)
BAB 1 Skripsi.pdf - Published Version Download (185kB) |
|
Text (IMPLEMENTASI KEBIJAKAN ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM LITERASI DAN NUMERASI STUDI KASUS PADA KEPALA SEKOLAH DAN GURU SMP NEGERI 23 KOTA JAMBI)
BAB V Skripsi.pdf - Published Version Download (176kB) |
|
Text (IMPLEMENTASI KEBIJAKAN ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM LITERASI DAN NUMERASI STUDI KASUS PADA KEPALA SEKOLAH DAN GURU SMP NEGERI 23 KOTA JAMBI)
Daftar Rujukan.pdf - Published Version Download (214kB) |
|
Text (IMPLEMENTASI KEBIJAKAN ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM LITERASI DAN NUMERASI STUDI KASUS PADA KEPALA SEKOLAH DAN GURU SMP NEGERI 23 KOTA JAMBI)
LEMBAR PENGESAHAN ANDI MUL.pdf - Published Version Download (280kB) |
|
Text
Revisi Skripsi_Andi Mulyadi Sihombing_A1D519044.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kebijakan asesmen kompetensi minimum literasi dan numerasi studi kasus pada kepala sekolah dan guru SMP Negeri 23 Kota Jambi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini ialah Kepala Sekolah dan Guru asal instansi SMP Negeri 23 Kota Jambi. Teknik dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan Wawancara dan Dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Mengorganisasikan dan Menyiapkan Data yang akan dianalisis, Baca dan Lihat seluruh data, membuat koding seluruh data, menggunakan koding sebagai bahan untuk membuat deskripsi dan menghubungkan antar tema sedangkan untuk keabsahan data menggunakan Teknik triangulasi data. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi Kebijakan Asesmen Kompetensi Minimum dapat diimplementasikan di SMP Negeri 23 Kota Jambi, berdasarkan pelaksanaan, kepala sekolah menerima dan mensosialisasikan akm kepada guru di sekolah, instrumen akm yang digunakan guru yaitu soal berbasis HOTS, soal literasi dan numerasi serta RPP, Penyiapan Teknis melalui uji coba soal tes AKM menggunakan fasilitas yang ada di sekolah, media yang digunakan guru melalui video dan kerja projek, latar belakang Pendidikan guru Pendidikan ipa, pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia dan Pendidikan kewarganegaraan, tindak lanjut guru kepada peserta didik menggunakan program pengayaan dan remedial dan tindak lanjut kepala sekolah menuangkan program AKM ke RKS untuk dianggarkan dan memperbaiki hasil belajar peserta didik termasuk dalam kategori perhatian khusus. (2) Faktor Pendukung pengimplementasian asesmen kompetensi minimum di sekolah memberikan dukungan positif bagi kepala sekolah dan guru, faktor pendukungnya yaitu dapat memnberikan kondisi nyata sekolah dalam hal kemampuan peserta didik yang lebih maupun kurang dalam kemampuan literasi dan numerasi, latar belakang Pendidikan guru sesuai dengan program asesmen kompetensi minimum, akm mendukung untuk mengevaluasi kemampuan siswa melalui tes dan membuat terstukturnya proses pembelajaran di kelas. (3) Faktor Penghambat pengimplementasian asesmen kompetensi minimum di sekolah terdapat faktor penghambat yaitu belum dapat memaksimalkan perangkat komputer sekolah, guru yang lanjut usia sulit mengoperasikan perangkat teknologi, guru sulit menyesuaikan soal akm dan topik soal asesmen kompetensi minimum yang belum dikuasai peserta didik melalui penekanan materi oleh guru
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Asesmen Kompetensi Minimum, Literasi dan Numerasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Sihombing |
Date Deposited: | 08 Jun 2023 06:42 |
Last Modified: | 08 Jun 2023 06:42 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49684 |
Actions (login required)
View Item |