Penerapan Model Project Based Learning pada Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi Siswa Fase E.3 SMA Negeri 11 Muaro Jambi

Igusmi Putri, Ghea Reiva (2023) Penerapan Model Project Based Learning pada Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi Siswa Fase E.3 SMA Negeri 11 Muaro Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (313kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (186kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (109kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Halaman_Pengesahan.pdf

Download (101kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Putri, Ghea Reiva Igusmi. 2023. Penerapan Model Project Based learning pada Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi Siswa Fase E.3 SMA Negeri 11 Muaro Jambi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Drs. Andiopenta Purba, M.Hum., (II) Rahmawati, M.Pd. Kata Kunci: Penerapan Project Based Learning, Teks Negosiasi Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model project based learning pada pembelajaran menulis teks negosiasi siswa fase E.3 SMA Negeri 11 Muaro Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 11 Muaro Jambi. Subjek dari penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Indonesia fase E.3 SMA Negeri 11 Muaro Jambi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Data yang didapatkan dari penelitian ini berupa hasil observasi, hasil wawancara bersama guru terkait proses penerapan model project based learning, hasil dokumentasi, serta hasil proyek siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model project based learning pada pembelajaran menulis teks negosiasi siswa fase E.3 SMA Negeri 11 Muaro Jambi, pada langkah pertama yakni penentuan proyek, langkah kedua mendesaian perencanaan proyek, langkah ketiga menyusun jadwal, dan langkah keempat guru memonitoring proses dan kemajuan proyek siswa, terlaksana dengan optimal. Namun pada langkah kelima yaitu menguji hasil proyek, belum terlaksana dengan optimal karna keterbatasan waktu sehingga guru menilai berdasarkan hasil proyek siswa saja, dan pada langkah terakhir evaluasi pembelajaran terlaksana dengan optimal kembali. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penerapan model project based learning pada pembelajaran menulis teks negosiasi siswa fase E.3 SMA Negeri 11 Muaro Jambi secara keseluruhan terlaksana dengan optimal, sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran project based learning yang telah dirancang pada modul ajar.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Project Based Learning, Teks Negosiasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: Putri
Date Deposited: 09 Jun 2023 07:31
Last Modified: 09 Jun 2023 07:31
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49768

Actions (login required)

View Item View Item