PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS X SMA PGRI 2 KOTA JAMBI

ABIDIN, MUHAMMAD ZAINAL PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS X SMA PGRI 2 KOTA JAMBI. JURNAL PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS X SMA PGRI 2 KOTA JAMBI.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (55kB)

Abstract

ABSTRAK Zainal Abidin, Muhammad. 2018 Penggunaan Media Berbasis Macromedia Flash Untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas X SMA PGRI 2 Kota Jambi: Skripsi. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Drs. M. Salam, M.Si (II) Nelly Indrayani, S.Hum, M.Hum Kata Kunci : Media Berbasis Macromedia Flash, Motivasi Belajar, Sejarah Motivasi belajar memegang peranan yang penting dalam proses pembelajaran. Siswa dengan motivasi belajar yang tinggi akan lebih mudah mencapai hasil belajar yang lebih optimal. Namun banyak faktor yang menyebabkan motivasi belajar siswa menjadi rendah, seperti metode, pendekatan, dan cara mengajar guru yang kurang membuat situasi dan kondisi belajar yang menyenangkan. Media dapat digunakan untuk mempermudah guru dalam menyediakan suatu kondisi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media berbasis macromedia flash untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas X SMA PGRI 2 Kota Jambi. Penelitian ini didesain dengan menggunakan model eksperimental berjenis Randomized Control-Group Pretest-Posttest Design. Kelas yang digunakan sebagai sampel adalah kelas XA dan XB. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media berbasis macromedia flash dapat menumbuhkan motivasi sebesar 43,4%, sedangkan yang tidak menggunakan media motivasi belajar sejarah siswa hanya sebesar 10,43%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media berbasis macromedia flash secara signifikan dapat menumbuhkan motivasi belajar sejarah siswa kelas X SMA PGRI 2 Kota Jambi. Sejalan dengan hasil penelitian dan kesimpulan, maka disarankan kepada guru sejarah untuk menggunakan media berbasis macromedia flash dalam proses pembelajarannya, sehingga situasi belajar menjadi lebih interaktif, menarik, dan bervariatif.

Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
Depositing User: MUHAMMAD ZAINAL ABIDIN
Date Deposited: 20 Aug 2018 03:02
Last Modified: 20 Aug 2018 03:02
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4979

Actions (login required)

View Item View Item