PENGEMBANGAN E-BOOK KONTEKSTUAL BERBASIS 3D PAGEFLIP PADA MATERI INVERTEBRATA UNTUK SISWA SMA KELAS X MIA

Magdalena S, Rosima Novianti PENGEMBANGAN E-BOOK KONTEKSTUAL BERBASIS 3D PAGEFLIP PADA MATERI INVERTEBRATA UNTUK SISWA SMA KELAS X MIA. JURNAL PENGEMBANGAN E-BOOK KONTEKSTUAL BERBASIS 3D PAGEFLIP PADA MATERI INVERTEBRATA UNTUK SISWA SMA KELAS X MIA.

[img] Text
ARTIKEL_ILMIAH ROSIMA NOVIANTI MAGDALENA S (A1C414017).pdf

Download (744kB)

Abstract

ABSTRAK Rosima Novianti Magdalena S, 2018. Pengembangan E-Book Kontekstual Berbasis 3D Pageflip Pada Materi Invertebrata Untuk Siswa SMA Kelas X MIA: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. Evita Anggereini, M.Si (II) Dr. Afreni Hamidah, M.Si. Kata Kunci: E-book, Kontestual, 3D Pageflip, Invertebrata. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa E-book kotekstual berbasis 3D Pageflip pada materi Invertebrata untuk siswa SMA kelas X MIA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 7 Kota Jambi pada Mei 2018. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada validator ahli media, validator ahli materi, kepada kelompok kecil yang terdiri dari 6 siswa, kelompok besar 20 siswa dan 1 guru bidang studi biologi. Dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pengadaan buku tidak hanya dalam bentuk cetak namun juga sudah ada dalam bentuk digital atau sering disebut dengan buku elektronik (e-book. Salah satu sumber belajar yang dapat digunakan adalah buku elekronik (e-book) berbasis 3D Pageflip. Hasil penelitian ahli media pada validasi tahap I memberikan penilaian sebesar 68,3% dengan kategori “Baik”, dan validasi tahap II persenatsi meningkat menjadi 76,6% dengan kategori “Sangat Baik”. Ahli materi memberikan penilaian sebanyak 2 kali, yaitu validasi tahap I sebesar 73,3% dengan kategori “Baik” dan validasi tahap II persentase meningkat menjadi 90% dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil penilaian melalui satu kali penilian oleh 1 guru biologi diperoleh persepsi 82,5% dengan kategori “Sangat Baik”. Ujicoba pada siswa dengan kelompok kecil diperoleh persepsi 80,9% dengan kategori “Sangat Baik” dan ujicoba pada siswa kelompok besar diperoleh persepsi 80,9% dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa e-book hasil pengembangan telah layak digunakan sebagai sumber belajar. Kekurangan pada produk ini dapat diperbaiki pada penelitian pengembangan selanjutnya yang relevan.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QR Microbiology
Depositing User: ROSIMA NOVIANTI MAGDALENA S.
Date Deposited: 20 Aug 2018 06:59
Last Modified: 20 Aug 2018 06:59
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4982

Actions (login required)

View Item View Item