PENGEMBANGAN FILM ANIMASI 3D MATEMATIKA DENGAN KONTEKS BUDAYA JAMBI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI PERBANDINGAN PADA SISWA SMP

Bagas Pati, Farrel (2023) PENGEMBANGAN FILM ANIMASI 3D MATEMATIKA DENGAN KONTEKS BUDAYA JAMBI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI PERBANDINGAN PADA SISWA SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBi.

[img] Text
SKRIPSI_FARREL BAGAS PATI_A1C219028.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (108kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (115kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Bagas Pati, Farrel. 2022. Pengembangan Film Animasi 3D Matematika dengan Konteks Budaya Jambi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Materi Perbandingan pada Siswa SMP: Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Dra. Mujahidawati, M.Si. (II) Drs. Wardi Syafmen, M.Si. Kata Kunci : Budaya Jambi, Film animasi 3D, Kemampuan Pemahaman Konsep, Pengembangan, Perbandingan Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mendeskripsikan suatu produk hasil penelitian pengembangan berupa film animasi 3D matematika dengan konteks budaya Jambi untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep materi perbandingan pada siswa SMP. Penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yaitu analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), evaluasi (evaluation). Subjek penelitian ini adalah dosen pendidikan matematika Universitas Jambi sebagai tim ahli, guru mata pelajaran SMP Negeri 04 Kota Jambi sebagai responden pada uji coba perorangan, 9 orang siswa kelas VII selaku responden pad uji coba kelompok kecil, dan seluruh siswa kelas VII F SMP Negeri 04 Kota Jambi yang berjumlah 25 orang pada uji coba lapangan. Produk berupa film animasi 3D disesuaikan dengan konteks budaya Jambi serta indikator pemahaman konsep yang meliputi menyatakan ulang sebuah konsep, mengklasifikasikan objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya, memberikan contoh dan bukan contoh dari suatu konsep, menyajikan konsep dalam bentuk representasi matematis, mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup dari suatu konsep, menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu, mengaplikasikan konsep atau algoritma pada pemecahan masalah. Film animasi 3D Matematika dengan Konteks Budaya Jambi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Materi Perbandingan pada Siswa SMP yang dikembangkan termasuk dalam kriteria valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil penilaian tingkat validitas materi oleh tim ahli antara lain 80% (valid) dari validator pertama dan 92,63% (sangat valid) dari validator kedua. Hasil penilaian tingkat validitas media oleh tim ahli antara lain 80% (valid) dari validator pertama dan 88% (sangat valid) dari validator kedua. Hasil persentase tingkat kepraktisan dari uji coba perorangan adalah 87,78% (sangat praktis), sedangkan uji coba kelompok kecil 87,22% (sangat praktis). Hasil persentase tingkat keefektifan adalah 89,02% (sangat efektif) dengan besar n-gain yang diperoleh 0,56 (sedang) yang menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Budaya Jambi, Film animasi 3D, Kemampuan Pemahaman Konsep, Pengembangan, Perbandingan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pati
Date Deposited: 12 Jun 2023 03:03
Last Modified: 12 Jun 2023 04:04
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49821

Actions (login required)

View Item View Item