Nurhaliza, Yulia (2023) PENGARUH PENGGUNAAN METODE JARIMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN NUMERIK SISWA KELAS II PADA MUATAN MATEMATIKA SDN 110/I DESA TENAM. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI_YULIA NURHALIZA_A1D119069.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (19kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PERSETUJUAN DAN HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (386kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (227kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (367kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (230kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (464kB) |
Abstract
Nurhaliza, Yulia. 2023. Pengaruh Penggunaan Metode Jarimatika Terhadap Kemampuan Numerik Siswa Kelas II Pada Muatan Matematika SDN 110/I Desa Tenam: Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jamhi, Pembimbing: (I) Dr. Yantoro, M.Pd., (II) Violita Zahyuni, S.Pd., M.Pd., Kata Kunci: kemampuan numerik, jarimatika, matematika Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari penggunaan metode jarimatika siswa kelas II SDN 110/I Desa TenamTahun Pelajaran 2022/2023 pada muatan matematika. Penelitian ni dilakukan di kelas II SDN 110/I Desa Tenam tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian menggunakan one group pretest posttest. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan cara memberikan tes tertulis berbentuk pilihan ganda kepada siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode jarimatika di kelas eksperimen SDN 110/I Desa tenam memberikan pengaruh terhadap kemampuan numerik siswa. Penggunaan metode jarimatika berpengaruh terhadap kemampuan numerik dilihat dari rata-rata nilai posttest di kelas eksperimen 80,56 dan rata-rata kelas kontrol 71,11 lebih jauh meningkat dibandingkan dengan nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimen 52,78 dan rata-rata pretest pada kelas kontrol yaitu 52,22. Untuk Uji t pada posttest diperoleh thitung = 2,60 dan ttabel = 2,03 sehingga dapat diketahui bahwa thitung > ttabel pada taraf signifikansi 0,05 hal ini menunjukkan Ha diterima atau H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pembelajaran menggunakan metode jarimatika.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan numerik, jarimatika, matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | NURHALIZA |
Date Deposited: | 14 Jun 2023 06:43 |
Last Modified: | 14 Jun 2023 06:43 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49828 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |