Pengembangan Instrumen Soal berbasis argumentasi berbentuk buku digital pada materi termokimia

Udhiyah, Mitha and EffendiHasibuan,S.Pd.,M.Si.,PhD, MuhammadHaris and Syahri,M.Pd, Dr.Dra.Wilda (2023) Pengembangan Instrumen Soal berbasis argumentasi berbentuk buku digital pada materi termokimia. S1 thesis, universitas Jambi.

[img] Text
COVER 1.pdf

Download (391kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (117kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (727kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (255kB)
[img] Text (Lembar pengesahan & skripsi)
cover0200017398_merged.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan dan validitas instrumen soal berbasis argumentasi berbentuk buku digital pada materi termokimia serta pengaruhnya dalam meningkatkan kemampuan argumentasi siswa pada materi termokimia di MA Laboratorium Jambi. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Desaign, Development, Implementation, dan Evaluation). Metode pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, angket, dan tes. Hasil validasi oleh ahli media didapatkan skor 73,33% dengan kategori valid, ahli materi didapatkan skor 82,35% dengan kategori valid, penilaian guru didapatkan skor 80% dengan kategori baik, Respon kelompok kecil didapatkan skor 82,63% dengan kategori Baik serta kelompok besar yaitu dengan skor 81,07% dengan kategori “Baik”. Untuk pengujian dengan uji kappa didapatkan hasil yaitu 0,438 . Nilai ini termasuk dalam ,indek 0.40 – 0,60 yaitu “sedang”. Sedangkan untuk mengetahui pengaruh menggunakan uji N-Gain didapatkan kategori “Sedang” dengan hasil 0,533953 pada rentang nilai 0,30 ≤ g < 0,70 . Serta uji t dependent test didapatkan Sig. (2- tailed) bernilai 0,000. Karena nilai 0,000 < 0,050 maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan buku digital kumpulan soal berbasis argumentasi terhadap kemampuan argumentasi pada materi termokimia. Berdasarkan pengembangan dan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Instrumen Soal Berbasis Argumentasi Berbentuk Buku Digital pada Materi Termokimia baik dan layak digunakan dalam proses pembelajaran kimia.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Buku Digital, Argumentasi, Hasil Pengembangan, Termokimia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Udhiyah
Date Deposited: 12 Jun 2023 08:08
Last Modified: 12 Jun 2023 08:08
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49831

Actions (login required)

View Item View Item