PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI HIDROKARBON BERBASIS CHEMO-EDUTAINMENT UNTUK SISWA SMA KELAS XI

Nababan, Soni Fitri (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI HIDROKARBON BERBASIS CHEMO-EDUTAINMENT UNTUK SISWA SMA KELAS XI. S1 thesis, UNIVERSITASJAMBI.

[img] Text (Abstrak)
SKRIPSI_SONI FITRI BR NABABAN_A1C119097-5_2.pdf

Download (8kB)
[img] Text (BAB 1)
SKRIPSI_SONI FITRI BR NABABAN_A1C119097-12-21.pdf

Download (85kB)
[img] Text (BAB V)
SKRIPSI_SONI FITRI BR NABABAN_A1C119097-150-152.pdf

Download (76kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
SKRIPSI_SONI FITRI BR NABABAN_A1C119097-153-155.pdf

Download (80kB)
[img] Text (Pengesahan)
SKRIPSI_SONI FITRI BR NABABAN_A1C119097-4.pdf

Download (167kB)
[img] Text
SKRIPSI_SONI FITRI BR NABABAN_A1C119097.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Nababan, Soni Fitri. 2023. Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Hidrokarbon Berbasis Chemo-edutainment untuk Siswa SMA Kelas XI: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Drs. Harizon, M.Si., (II) Drs.Epinur, M.Si. Kata Kunci : interaktif, multimedia, hidrokarbon, chemo-edutainment, Mata pelajaran kimia merupakan salah satu mata pelajaran di SMA/MA dalam kurikulum 2013. Dalam proses pembelajaran, media pembelajaran sangat penting dan dibutuhkan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Chemo-edutainment merupakan gabungan antara edukasi (pendidikan) dan entertainment (hiburan). Kedua konsep itu bertujuan agar membawa pelajaran kimia menjadi lebih menyenangkan. Multimedia interaktif berbasis chemo-edutainment dapat memvisualisasikan hal-hal yang abstrak serta dapat membawa siswa ke dalam proses belajar yang melibatkan permainan sehingga dapat menarik minat siswa dalam belajar dan termotivasi untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memahami proses pengembangan multimedia interaktif pada materi hidrokarbon berbasis chemo-edutainment; (2) mengetahui kelayakan produk multimedia interaktif berdasarkan BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) melalui ahli materi dan ahli media; (3) mengetahui penilaian guru bidang studi kimia dan respon siswa terhadap multimedia interaktif berbasis chemo-edutainment untuk siswa SMA kelas XI yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Lee & Owens. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif berdasarkan komentar dan saran, selanjutnya analisis data kuantitatif berdasarkan rata-rata skor jawaban. Hasil dari penelitian ini bahwa multimedia interaktif materi hidrokarbon berbasis chemo-edutainment untuk siswa SMA kelas XI mendapat hasil kelayakan ahli materi sebesar 92,8% (sangat valid), ahli media sebesar 90,2% (sangat valid), penilaian guru sebesar 98,3% (sangat valid), dan uji coba kelompok kecil 86,5% (sangat layak). Berdasarkan pengembangan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif materi hidrokarbon berbasis chemo-edutainment untuk siswa SMA kelas XI sudah layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam pembelajaran kimia.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: interaktif, multimedia, hidrokarbon, chemo-edutainment
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: NABABAN
Date Deposited: 20 Jun 2023 03:53
Last Modified: 20 Jun 2023 03:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49938

Actions (login required)

View Item View Item