SIREGAR, MUTIARA AL FALAH (2023) Efektifitas Penerapan Model Problem Based Learning Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Berbantuan Media Powerpoint Interaktif Di SMA Negeri 2 Muaro Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (130kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (196kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (60kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (74kB) |
![]() |
Text
lembar pengesahan muti.pdf Download (288kB) |
![]() |
Text
Draft Skripsi Mutiara Alfalah (027).pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Siregar, Mutiara Alfalah,2023 “Efektifitas Penerapan Model Problem Based Learning Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Berbantuan Media Powerpoint Interaktif Di SMA Negeri 2 Muaro Jambi”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universi Jambi, Pembimbing : (1) Drs Affan Malik, M.E (II) Drs. Epinur, M,Si Kata Kunci : Efektifitas, Hasil Belajar, Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit, Powerpoint Interaktif Larutan elektrolit dan larutan non elektrolit merupakan materi kimia yang membahas tentang konsep sehingga siswa sering mengalami miskonsepsi dan sulit mengkaitannya dalam kehidupan sehari-hari. kesulitan belajar mengalami hambatan yang ditunjukkan seperti prestasi yang rendah. Hasil belajar merupakan tolak ukur yang menentukan tingkat keberhasilan siswa dalam memahami suatu materi dari proses pembelajaran. Dengan demikian ketika hasil belajar siswa baik, maka dapat diasumsikan bahwa kegiatan pembelajaran yang mereka jalankan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model problem based learning berbantuan media powerpoint interaktif secara signifikan efektif pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit di SMA Negeri 2 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan bentuk penelitian Quasi Experiment dengan jenis Posttest only control design. Penelitian ini menggambarkan hubungan sebab akibat dengan melibatkan dua kelas sampel yang dipilih secara acak. Instrumen penelitian ini yaitu, lembar wawancara, tes esai, dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif (lembar observasi kegiatan guru) dan analisis data kuantitatif (hasil postest dan lembar observasi kegiatan siswa). Hasil dari penelitian ini diperoleh hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol yaitu 73,86% dan 63,97%. Hal ini menunjukkan bahwa pada kelas dengan model PBL berbantuan media powerpoint interaktif lebih efektif dibandingkan dengan kelas dengan model PBL tanpa powerpoint interaktif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka kesimpulannya adalah penerepan model problem based learning berbantuan media powerpoint interaktif secara signifikan lebih efektif pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit di kelas X MIPA 1 SMAN 2 Muaro Jambi
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektifitas,Hasil Belajar, Latutan Elektrolit dan Non Elektrolit, dan Powerpoint Interaktif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Siregar |
Date Deposited: | 14 Jun 2023 02:58 |
Last Modified: | 14 Jun 2023 02:58 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49950 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |