Pengembangan E-Modul flip html5 Berbasis Kato Adat di Kelas V Tema 6 Sekolah Dasar

Fadilah, Agus (2023) Pengembangan E-Modul flip html5 Berbasis Kato Adat di Kelas V Tema 6 Sekolah Dasar. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
AgusFadilah_A1D119044_Skripsi_UNJA_FKIP_PGSD19.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (209kB)
[img] Text
HalamanPersetujuan_HalamanPengesahan.pdf

Download (301kB)
[img] Text
Abstrak_AgusFadilah.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB1_AgusFadilah.pdf

Download (28kB)
[img] Text
BABV_AgusFadilah.pdf

Download (13kB)
[img] Text
DaftarPustaka_AgusFadilah.pdf

Download (52kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Putra. Agus Fadilah, 2023. “Pengembangan E-Modul flip html5 Berbasis Kato Adat di Kelas V Tema 6 Sekolah Dasar”: Skripsi Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, pembimbing (1) Drs. Syahrial, M.Ed., Ph.D. (2) Alirmansyah, S.Pd., M.Pd Kata Kunci : Kearifan, Modul Elektronik, Sekolah Dasar Peneitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa modul elektronik berbasis kearifan lokal Seloko kato adat menggunakan aplikasi flip html 5 pada kelas V tema 6 subtema 1 pembelajaran 3 materi IPS. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yang terdapat 3 tahapan yaitu pendefinisian, perancangan dan pengembangan serta menghasilkan sebuah produk. Subjek dalam penelitian ini ialah peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Bajubang 40/I Batanghari. Uji coba dilakukan saat pembelajaran berlangsung di kelas. Uji coba dapat dilaksanakan terhadap kelompok kecil (satu kelas) berjumlah 13 peserta didik uji kelompok kecil.. Instrumen yang digunakan ialah Observasi, Wawancarad dan Angket.Teknik Analisis Data yang digunakan adalah kualitatif dan Kuantitatif. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa produk hasil pengembang yang dibuat bermanfaat atau mempunyai tingkat keberhasilan sesuai dengan ketentuan yang ada seperti, Uji Validasi Ahli Bahasa sebesar 66,00%, Uji Validasi Materi sebesar 68,36%, Uji Validasi Media sebesar 65,14% dan Uji Coba Kelompok Kecil sebesar 37,7%. Sedangkan hasil wawancara dan angket disimpulkan bahwa kearifan lokal seloko dapat diintegrasikan kedalam proses pembelajaran yang ada disekolah dasar. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa modul eektronikberbasis kearifan lokal kato adat seloko melayu jambi bermanfaat bagi kegiatan pembelajaran setelah lewat validasi dan instrumen penelitian berupa observasi, wawancara dan angket.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kearifan, Modul Elektronik, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Fadilah
Date Deposited: 14 Jun 2023 03:36
Last Modified: 14 Jun 2023 03:36
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49951

Actions (login required)

View Item View Item