Pengaruh Financial Attitude dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce (Pada Mahasiswa Jurusan PIPS Angkatan 2020 FKIP Universitas Jambi)

Alpionita, Vina (2023) Pengaruh Financial Attitude dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce (Pada Mahasiswa Jurusan PIPS Angkatan 2020 FKIP Universitas Jambi). S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (199kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (395kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (210kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Generasi milenial sering membeli produk melalui e-commerce padahal pembeli masih sering mendapatkan produk dengan kualitas yang buruk, tidak sesuai dengan gambar yang ada pada e-commerce, bahkan ada penjual yang tidak mengirimkan barang konsumen. Tetapi generasi milenial masih sering berbelanja melalui e-commerce. Hal tersebut diduga karena faktor financial attitude dan kelompok referensi yang mempengaruhi keputusan pembelian produk melalui e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh financial attitude dan kelompok referensi baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian pada e-commerce. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Populasi penelitian ini adalah Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS) Angkatan 2020 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jambi. Teknik pengumpulan data menggunakan google from. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini adalah secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan financial attitude terhadap keputusan pembelian pada e-commerce dan terdapat pengaruh positif dan signifikan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian pada e-commerce. Secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan financial attitude dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian. Dari hasil penelitian di sarankan kepada mahasiswa harus benar-benar mempelajari dan menerapkan financial attitude yang baik untuk menciptakan dan mempertahankan nilai melalui pengambilan keputusan pembelian prouduk yang tepat pada e-commerce sehingga mahsiswa bisa mengatur keuangannya dengan lebih baik lagi. Meningkatkan kelompok referensi seperti mempromosikan ke sosial media. Serta untuk penelitian selanjutnya, peneliti menyarankan untuk menggunakan variabel bebas lain yang tidak di masukkan di dalam penelitian ini guna mengetahui faktor lain yang mempengaruhi variabel dependen (keputusan pembelian) tersebut. Selain itu peneliti juga menyarankan untuk memperluas cakupan sampel penelitian.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Financial Attitude, Kelompok Referensi, dan Keputusan Pembelian
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ALPIONITA
Date Deposited: 13 Jun 2023 06:42
Last Modified: 13 Jun 2023 06:42
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49993

Actions (login required)

View Item View Item