PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS SMPN 6 TANAH SEPENGGAL LINTAS

Dila, Ike Novita (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS SMPN 6 TANAH SEPENGGAL LINTAS. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (665kB)
[img] Text
BAB 1_.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (76kB)
[img] Text
COVER_.pdf

Download (815kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_.pdf

Download (83kB)
[img] Text
SKRIPSI IKE NOVITA DILA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Ips, hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang diberikan guru masih menggunakan model ceramah. Sehingga rendahnya keaktifan dari siswa dikarenakan tingkatan kejenuhan terhadap strategi yang diterapkan. Terkait dengan hal tersebut, maka penggunaan model pembelajaran yang monoton dapat mempengaruhi rendah nya motivasi siswa untuk belajar, dengan adanya Model pembelajaran tipe Jigsaw cocok diterapkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sehingga dapat memecahkan masalah didalam kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap cara berpikir kritis kelas VIII pada mata pelajaran IPS SMP Negeri 6 Tanah Sepenggal Lintas. Metode penelitian ini ialah penelitian kuantitatif. Hasil Penelitian ini diperoleh adanya hasil deskripsi data kelas ekperimen kategori kritis ada 15 orang (71%), dan kategori kritis ada 6 orang (29%), kelas kontrol cukup kritis ada 7 orang (33%), cukup kritis 13 orang (62%). Setelah dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung 6.927 dan gt 2.691 dengan taraf 5% artinya model kooperatif jigsaw memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dan diperoleh nilai sign (2-tailed) pada kemampuan berpikir kritis siswa yaitu 0,00<0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan, analisis data, dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan mengenai model pembelajaran kooperatif jigsaw terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMPN 6 Tanah Sepenggal Lintas, bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksprimen lebih tinggi dibanding dengan kemampuan berpikir kritis siswa kelas kontrol. Nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 86,00 dengan kategori sangat kritis lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 78,00 dengan kategori cukup kritis.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis, Model Pembelajaran, Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: DILA
Date Deposited: 13 Jun 2023 06:45
Last Modified: 13 Jun 2023 06:45
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49994

Actions (login required)

View Item View Item