Dewi, Sella Kumala (2023) Faktor-Faktor Motivasi Siswa Untuk Mengikuti Layanan Klasikal di SMA Negeri 11 Muaro Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (979kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (192kB) |
|
Text
HAL PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (774kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (316kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (295kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (296kB) |
Abstract
Bimbingan dan Konseling memegang peranan yang sangat penting dalam pendidikan, yaitu membantu setiap siswa untuk berkembang secara optimal. Minimnya pengetahuan siswa mengenai Bimbingan dan Konseling mengakibatkan belum optimalnya layanan Bimbingan dan Konseling di sekolah dimanfaatkan oleh siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor-Faktor Motivasi Siswa Untuk Mengikuti Layanan Klasikal di SMA Negeri 11 Muaro Jambi. Motivasi adalah proses yang memberi kekuatan, arah, dan ketekunan pada perilaku (Santrock, 2015:510). Motivasi sendiri bisa berasal dari dalam diri (internal) dan dari luar diri (eksternal). Penelitian ini dibatasi pada faktor yang melatarbelakangi motivasi siswa dalam memanfaatkan layanan klasikal di SMA Negeri 11 Muaro Jambi. Faktor yang diteliti adalah tingkatan motivasi faktor eksternal dengan tiga indikator yaitu fasilitas sekolah, guru BK dan teman sebaya. Responden dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 11 Muaro Jambi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif, menggunakan teknik pengumpulan data berupa instrumen angket. Ketetapan instrumen angket diuji dengan uji validitas dan reliabilitas. Data dikumpulkan dari siswa kelas X dan XI SMA Negeri 11 Muaro Jambi dengan jumlah sampel 72 orang responden yang ditentukan dengan teknik simple random sampling, kemudian data hasil penelitian diolah dengan menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian mengungkapkan secara umum berdasarkan persentase perindikator, fasilitas sekolah (18,62%), guru BK (12,05%), dan teman sebaya (23,23%). Dari hasil penelitian tersebut, disarankan perlunya penyediaan fasilitas yang lebih baik lagi untuk mendukung keberhasilan program konseling di sekolah. Implikasinya terhadap kegiatan pelayanan BK adalah guru pembimbing akan lebih meningkatkan penguasaan teknik dan mutu pelayanan yang akan diberikan, sehingga program BK di sekolah dapat berjalan lebih baik lagi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | faktor, motivasi, siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | DEWI |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 07:10 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 07:10 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/50003 |
Actions (login required)
View Item |