Br Sembiring, Ayu Indah Sari PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR- SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMP N 30 MUARO JAMBI. JURNAL PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR- SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMP N 30 MUARO JAMBI.
![]() |
Text
ARTIKEL.pdf Download (362kB) |
Abstract
ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 30 Muaro jambi. Penggunaan model pembelajaran ini diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis quasi experimental Design. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Pretest- Posttest Design. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang terdiri dari 3 kelas dan berjumlah 70 siswa. Sampel pada penelitian ini dipilih menggunakan purposive sampling yaitu peneliti yang memilih kelas sampel. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII A sebagai kelas control dan VIII B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah masing-masing 24 orang siswa. Tahap penelitian ini dilakukan 3 tahapan, dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan pengolahan data. Data disimpulkan melalui hasil tes kemampuan siswa untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Hasil penelitian yang diperoleh, rata-rata nilai kelas eksperimen adalah 81,87 dan siswa kelas kontrol mendapat rata-rata 70. Setelah diuji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai Thitung sebesar 3,6523 sedangkan Ttabel sebesar 2,0129. Kriteria pengujiannya adalah Thitung > Ttabel (3,6523>2,0129) maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis yang menyatakan ada pengaruh penggunaan model Think-Pair-Share terhadap hasil belajar siswa diterima. Berdasarkan penelitian ini ini disarankan kepada guru untuk menggunakan model pembelajaran ini pada saat proses pembelajaran. Kata Kunci: Model Think-Pair-Share, Hasil Belajar
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform L Education > L Education (General) |
Depositing User: | AYU INDAH SARI BR SEMBIRING |
Date Deposited: | 24 Aug 2018 07:52 |
Last Modified: | 24 Aug 2018 07:52 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5004 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |