Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Coping Stress Siswa dalam Belajar Kelas VIII SMPN 10 Kota Jambi

Anjani, Sabrina (2023) Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Coping Stress Siswa dalam Belajar Kelas VIII SMPN 10 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (163kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (324kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Dalam proses belajar mengajar terdapat kendala yang sulit untuk diatasi siswa yang dapat menimbulkan stres dalam belajar akibat ketidakmampuan siswa dalam menyerap atau memahami materi pembelajaran disekolah, sehingga membutuhkan strategi coping stress yang tepat. Fenomena coping stress yang ada disekolah adalah timbulnya perilaku maladaptif siswa seperti, kesulitan dalam mengerjakan tugas, siswa sering izin pada jam pelajaran tanpa alasan yang jelas, serta membuat suasana ribut dikelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan coping stress dalam belajar siswa kelas VIII SMPN 10 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian korelasional. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan jumlah responden 141 siswa. Analisis data penelitian menggunakan uji korelasi dengan taraf signifikansi 0.05. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan skala coping stress dan skala kecerdasan emosional. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII SMPN 10 Kota Jambi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan angket. Penelitian ini dilakukan dengan menyebar angket yang terdiri dari 35 aitem, yakni 20 aitem kecerdasan emosional dan 15 aitem coping stress. Hasil uji reliabilitas pada masing-masing skala yaitu 0.750 pada skala coping stress dan 0.800 pada skala kecerdasan emosional. Teknik analisis yang digunakan adalah korelasi pearson. Hasil uji korelasi pearson diperoleh rxy = 0.506 dengan taraf signifikansi atau p sebesar 0.000. Dikarenakan nilai p < 0.05 maka pola hubungan anatara variabel kecerdasan emosional dengan coping stress dalam belajar siswa kelas VIII diterima, artinya terdapat hubungan pantara variabel kecerdasan emosional dengan coping stress pada siswa kelas VIII. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat hubungan positif dan berarti antara kecerdasan emosional dengan coping stress pada siswa kelas VIII. Oleh karena itu, semakin tinggi kecerdasan emosional seseorang, maka semakin tinggi pula coping stress yang dilakukan siswa. In the teaching and learning process there are obstacles that are difficult for students to overcome which can cause stress in learning due to the inability of students to absorb or understand learning material at school, so that it requires appropriate stress coping strategies. The phenomenon of coping with stress in schools is the emergence of maladaptive student behavior such as difficulties in doing assignments, students often leave during class hours for no apparent reason, and create a noisy atmosphere in class. The purpose of this study was to determine the relationship between emotional intelligence and coping with stress in learning for class VIII students of SMPN 10 Jambi City. This type of research is quantitative research with correlational research methods. The sampling technique used simple random sampling with a total of 141 students as respondents. Analysis of research data using a correlation test with a significance level of 0.05. Retrieval of data in this study using the coping stress scale and emotional intelligence scale. The subjects of this study were class VIII students of SMPN 10 Jambi City. Data collection tools used are observation, interviews and questionnaires. This research was conducted by distributing questionnaires consisting of 35 items, namely 20 items of emotional intelligence and 15 items of coping with stress. The results of the reliability test on each scale are 0.750 on the coping stress scale and 0.800 on the emotional intelligence scale. The analysis technique used is pearson correlation. Pearson correlation test results obtained rxy = 0.506 with a significance level or p of 0.000. Because the p value < 0.05, the pattern of relationship between the variables of emotional intelligence and coping stress in class VIII students' learning is accepted, meaning that there is a relationship between the variables of emotional intelligence and coping stress in class VIII students. The results of this study are that there is a positive and meaningful relationship between emotional intelligence and coping with stress in class VIII students. Therefore, the higher a person's emotional intelligence, the higher the student's coping stress.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Coping Stress
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: ANJANI
Date Deposited: 14 Jun 2023 06:49
Last Modified: 14 Jun 2023 06:49
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/50083

Actions (login required)

View Item View Item