PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN SOFT SKILL PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN PPKN DI MTS NEGERI 3 MUARO JAMBI

JULIANI, ANITA (2023) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN SOFT SKILL PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN PPKN DI MTS NEGERI 3 MUARO JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
coveranitajuni.pdf

Download (30kB)
[img] Text
abstrak anita.pdf

Download (226kB)
[img] Text
skripsi Anita (Juli)-bab 1.pdf

Download (471kB)
[img] Text
skripsi Anita (Juli)-bab5.pdf

Download (229kB)
[img] Text
skripsi Anita (Juli)daftar pustaka.pdf

Download (229kB)
[img] Text
CamScanner 14-06-2023 09.38.pdf

Download (1MB)
[img] Text
skripsi full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: http://Universitas jambi

Abstract

ABSTRAK Juliani, Anita 2022. Peran Guru Dalam Meningkatkan Soft Skill Peserta Didik Melalui Pembelajaran PPKn di MTsN 3 Muaro Jambi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Drs. Irzal Anderson, M.Si Pembimbing (2) Dona Sariani, S.Pd, M.Pd. Kata kunci :Soft Skill, Peran Guru, Pembelajaran PKn Berdasarkan kegiatan observasi awal yang dilakukan penulis di MTS N 3 Muaro Jambi menunjukkan masalah kurang maksimalnya peran guru mengenai penanaman nilai soft skill pada peserta didik. Penelitian ini dilakukan di MTsN 3 Muaro Jambi pada 8 Februari sampai 16 April 2022. Data penelitian diperoleh dengan cara wawancara dengan guru mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan sebagai data utama dan kepada siswa sebagai data penunjang. Hasil yang didapatkan setelah pelaksanaan penelitian yaitu peran guru PPKn dalam meningkatkan Soft Skill peserta didik di MTsN 3 Muaro Jambi ini kurang optimal, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti urgensi pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan tertuju pada hard skillbukan soft skill, guru belum terlalu paham mengenai soft skill, guru belum mengenal dan memahami beragam metode dan strategi dalam meningkatkan soft skill pada pembelajaran dan berdampak pada monotonsi metode yang digunakan selama pelaksanaan pembelajaran dan menumbuhkan kebosanan dalam diri peserta didik, tidak pahamnya guru mengenai karakter peserta didik, menyebabkan guru sulit mengatur peserta didik dan membuat pembelajaran tidak kondusif. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar guru lebih meningkatkan Soft Skill yang dimiliki dan mencontohkan peserta didik dengan sikap yang baik.Sebab, guru menjadi garda terdepan peserta didik dalam mencari referensi Soft Skill dan karakter yang baik.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Soft Skill, Peran Guru, Pembelajaran PKn
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn
Depositing User: Juliani
Date Deposited: 14 Jun 2023 03:09
Last Modified: 14 Jun 2023 03:09
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/50085

Actions (login required)

View Item View Item