Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap Keterampilan Proses Sains pada Materi Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup

KRISNAWATI, JULIA (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap Keterampilan Proses Sains pada Materi Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI JULIA KRISNAWATI_A1C119043.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (128kB)
[img] Text
halaman persetujuan.pdf

Download (157kB)
[img] Text
bab 1 julia.pdf

Download (117kB)
[img] Text
bab 5 julia.pdf

Download (67kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (93kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Model Pembelajaran Learning Cycle 7E, Keterampilan Proses Sains Seiring dengan tuntutan kemajuan zaman, maka sumber daya manusia perlu meningkatkan kemampuan dan keterampilannya agar dapat menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Salah satu keterampilan yang harus dimiliki adalah keterampilan proses sains. Untuk meningkatkan keterampilan proses sains diperlukan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi. Model pembelajaran ini adalah model pembelajaran Learning Cycle 7E. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap keterampilan proses sains pada materi partikel penyusun benda dan makhluk hidup. Jenis penelitian ini adalah Quasi-eksperiment yang dilakukan terhadap dua kelas yaitu kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran yang biasa digunakan oleh guru yaitu Direct Instruction. Desain penelitian ini adalah Postest-only control design. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi penerapan model oleh guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar keterampilan proses sains serta tes esai. Untuk melihat pengaruh penerapan model Learning Cycle 7E dilakukan uji hipotesis yaitu uji t. Hasil rata-rata nilai posttest pada kelas kontrol diperoleh 78,29 sedangkan pada kelas eksperimen 85,56. Selanjutnya dilakukan uji Liliofers dan diperoleh Lhitung < Ltabel sehingga data berdistribusi normal. Kemudian dilakukan uji Fisher dan diperoleh data homogen yang dibuktikan dari nilai Fhitung < Ftabel yaitu 0,4283 < 0,5469. Adapun hasil uji t dengan taraf nyata α=0,05 diperoleh data hasil tes esai thitung > ttabel yaitu 3,6916 > 1,6702 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Learning Cycle 7E, Keterampilan Proses Sains
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Krisnawati
Date Deposited: 14 Sep 2023 06:45
Last Modified: 14 Sep 2023 06:45
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/50098

Actions (login required)

View Item View Item