Lathifah, Ana (2023) PENGEMBANGAN PANDUAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENSTIMULASI KETERAMPILAN 4Cs ANAK USIA 5-6 TAHUN. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
SKRIPSI FULTEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (122kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (156kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (126kB) |
|
Text
cover.pdf Download (10kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (200kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN_.pdf Download (79kB) |
Abstract
Lathifah, Ana. 2023. Pengembangan Panduan Model Problem Based Learning dalam Menstimulasi Keterampilan 4Cs Anak Usia 5-6 Tahun. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jambi, Jurusan Pendidikan Anakn Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing: 1) Prof. Dr. Drs. Hendra Sofyan, M.Si. 2) Uswatul Hasni, M.Pd. Kata kunci: model problem based learning, keterampilan 4Cs, usia 5-6 tahun. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan permasalahan masih minimnya panduan maupun referensi yang mudah dipahami oleh guru tentang cara penerapan model problem based learning sebagai acuan untuk menstimulasi keterampilan 4Cs anak usia 5-6 tahun di TK Al Hidayah Kota Jambi dan TK Nurul Khoir Kota Jambi. Adapun tujuan penelitian ini untuk: 1) Menghasilkan panduan model problem based learning dalam menstimulasi keterampilan 4Cs anak usia 5-6 tahun yang layak berdasarkan validasi ahli materi dan validasi ahli media. 2) Menghasilkan panduan model problem based learning dalam menstimulasi keterampilan 4Cs anak usia 5-6 tahun yang praktis berdasarkan respon respon guru (pengguna) produk. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan A-D-DI-E dengan 5 tahap pengembangan yaitu, Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Validasi produk dilakukan oleh validator ahli untuk menilai kepraktisan produk. Subjek uji coba penelitian ini terdiri dari 5 guru kelompok B di TK Al Hidayah Kota Jambi dan TK Nurul Khoir Kota Jambi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu angket validasi ahli dan angket respon guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pengembangan buku panduan model problem based learning dalam menstimulasi keterampilan 4Cs anak usia 5-6 tahun memperoleh tingkat validitas 4 dengan nilai persentase 100% oleh ahli materi dan dinyatakan ”Sangat Layak” dan memperoleh tingkat validitas 3,92 dengan nilai persentase 98,2% oleh ahli media dan dinyatakan ”Sangat Layak”. Berdasarkan hasil Uji coba kepraktisan hasil dari angket respon guru terhadap buku panduan dikembangkan mendapat kategori “Sangat Praktis”, dari hasil angket respon guru yang mendapat nilai dengan rata-rata 3,49 dengan nilai persentase 87,1%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa panduan model problem based learning dalam menstimulasi keterampilan 4Cs anak usia 5-6 tahun yang dikembangkan layak berdasarkan hasil uji validasi ahli dan praktis berdasarkan uji coba kepraktisan dari respon guru.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Lathifah |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 06:40 |
Last Modified: | 15 Jun 2023 06:40 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/50104 |
Actions (login required)
View Item |